Pengaruh model problem based learning dan model project based learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas iv sekolah dasar pati
Main Author: | IRWANTO, IRWANTO |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/16259/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/16259/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/16259/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/16259/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/16259/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/16259/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/16259/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/16259/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/16259/ |
Daftar Isi:
- Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah 1) menganalisis perbedaan rata-rata antara model problem based learning dengan model pembelajaran langsung kelas IV sekolah dasar di Gugus Teuku Umar Jaken Pati, 2) menganalisis perbedaan rata-rata antara model project based learning dengan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar matematika kelas IV sekolah dasar di Gugus Teuku Umar Jaken Pati, 3) menganalisis perbedaan rata-rata antara model problem based learning dengan model project based learning terhadap hasil belajar matematika kelas IV sekolah dasar di Gugus Teuku Umar Jaken Pati tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan Model eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Analisis instrumen yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji prasyarat yang menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas dan uji hipotesis yaitu menggunakan uji t. Hasil penelitian ini adalah 1) model problem based learning lebih baik daripada model pembelajaran langsung pada hasil belajar matematika kelas IV sekolah dasar Pati, 2) model project based leaning lebih baik daripada model pembelajaran langsung pada hasil belajar matematika kelas IV sekolah dasar Pati, dan 3) model problem based learning lebih baik daripada model project based learning pada hasil belajar matematika. Perencanaan pembelajaran yang tepat harus disesuaikan dengan karakter siswa, lingkungan belajar, dan sarana dan prasarana yang ada di sekolah.