Daftar Isi:
  • Proses pembelajaran secara langsung menggunakan metode ceramah dapat menyebabkan rendahnya pemahaman konsep matematis dan disposisi matematis siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil tes studi pendahuluan pada kelas VII C di SMP 5 Kudus, yang memperoleh rata-rata sebasar 12, dengan nilai tertinggi 46,6 dan nilai terendah 0. Tujuan dari penelitian ini yaitu, 1) menguji perbedaan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis kelas yang diajarkan dengan model Treffinger berbantuan Arithmatic apps daripada rata-rata kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung; 2) menguji model pembelajaran Treffinger berbantuan Arithmatic apps efektif dalam mencapai ketuntasan belajar;3) menguji pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Treffinger berbantuan Arithmatic apps. Jenis penelitian ini mengunakan kuantitatif dengan metode eksperimen dalam bentuk penelitian Quasi Experimental. Penelitian ini akan dilaksanakan di kelas VII C SMP 5 Kudus dengan subjek penelitian 30 siswa dan guru. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan pemahaman konsep matematis, dan disposisi matematis siswa. Sedangkan variabel bebasnya adalah model pembelajaran Treffinger berbantuan Arithmatic apps. Teknik pengumpulan data meliputi tes, angket, dan dokumentasi. Teknik pemilihan sampel menggunakan teknik kelas secara acak atau Purposive Sampling. Analisis data yang digunakan antara lain analisis data yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan rata-rata, serta analisis data akhir yang meliputi uji t dua sampel independent, uji z satu sampel, dan uji regresi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan 1) rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Treffinger lebih baik daripada rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung.2) proporsi siswa yang tuntas KKM setelah mengikuti pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Treffinger berbantuan Arithmatic apps tidak lebih baik dari 75%.3) isposisi matematis berpengaruh secara positif sebesar 78,6% terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Treffinger berbantuan Arithmatic apps. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Treffinger berbantuan Arithmatic apps terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan disposisi matematis siswa.