Pengembangan media permainan buy and sell berbasis mind mapping untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini di tk n pembina pamotan, kecamatan pamotan, kabupaten rembang
Main Author: | KHUMAIDAH, IIK |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/16150/1/Halaman%20Judul.pdf http://eprints.umk.ac.id/16150/2/Bab%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/16150/3/Bab%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/16150/4/Bab%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/16150/5/Bab%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/16150/6/Bab%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/16150/7/Daftar%20Pustaka.pdf http://eprints.umk.ac.id/16150/8/Lampiran.pdf http://eprints.umk.ac.id/16150/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran buy and sell berbasis mind mapping dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia 5-6 tahun , menguji desaign pengembangan Media pembelajaran buy and sell berbasis mind mapping, dan mendeskripsikan keefektifan Media pembelajaran buy and sell berbasis mind mapping. Metode penelitian ini menggunakan metode R&D. Peneliti menggunakan tujuh langkah pelaksanaan penelitian. Langkah penelitian adalah sebagai berikut: penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan penelitian, pengembangan produk awal, uji coba produk awal, revisi hasil uji coba, uji validasi, revisi produk akhir, dan implementasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes dan angket. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah Guru sejawat, wali murid dan anak didik TKN Pembina Pamotan sejumlah lima belas anak, TK Pertiwi lima belas anak dan TK Aisyiyah BA sebanyak lima belas anak. Hasil Penelitian bahwa 1) Guru dan siswa membutuhkan media permainan yang dapat meningkatkan bahasa anak. Media yang dimaksud adalah media yang terbuat dari bahan ringan, contohnya dari kayu dan plastic dan hemat serta mudah dibawa, selain itu media yang diharapkan dapat memberi daya tarik bagi anak dalam melakukan permainan dengan media tersebut. 2) Desain pengembangan media permainan buy and sell berbasis mind mapping terdiri dari beberapa tahap. Tahap pertama yaitu gambar mind mapping dengan kombinasi warna gambar mind mapping ini terdiri dari tiga jenis gambar yaitu gambar pada toko indah, toko ceria dan toko bahagia, kemudian buah-buah mainan yang dijual yang terdiri dari buah jambu, belimbing, pisang, sirkaya dan jeruk serta buah salak, kemudian kotak penjualan. 3) Media permainan buy and sell berbasis mind mapping layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini di TK Kecamatan Pamotan Kabupaten Rembang. Hal tersebut terlihat dari kemampuan berbahasa anak perindikator pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas control. 4) Media permainan buy and sell berbasis mind mapping efektif meningkatkan kemampuan berbahasa anak berdasarkan kelas eksperimen 1 nilai sig 0.000 < 0.05, atau Thitung 8,192 > Ttabel 2,1447. Kelas eksperimen 2 nilai Sig. 0.000 < 0.05, atau Thitung 9,309 > Ttabel 2,14479.