Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan di SD 5 Jekulo Kudus. Dalam penelitian ini, penulis akan menggali data mengenai problematika guru dalam pembiasaan karakter sopan santun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan problematika guru dalam pembiasaan karakter sopan santun siswa SD 5 Jekulo Kudus dan menemukan solusi dalam mengatasi problematika guru dalam pembiasaan karakter sopan santun siswa SD 5 Jekulo Kudus. Penelitian ini tergolong sebagai penelitian kualitatif, pengumpulan data dalam penelian ini adalah dengan melaksanakan observasi secara langsung bila memungkinkan, wawancara dan dokumentasi sesuai dengan kebutuhan penelitian. Setelah data terkumpum, peneliti akan menganalisis dan menyimpulkan problem yang sedang dihadapi serta memberikan ulasan terkait solusi yang diperlukan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa sekolah SD 5 Jekulo memiliki sistem pembiasaan karakter sopan santun yang teratur, mulai dari pagi saat para siswa ke sekolah hingga siang saat para siswa pulang dari sekolah. Beberapa diantara upaya guru dalam membiasakan karakter sopan santun adalah dengan memberikan teladan dan membiasakan mereka memakai bahasa yang sopan dalam berkomunikasi dengan orang lain terutama yang lebih tua. Sedangkan problem yang dihadapi guru dalam membiasakan karakter sopan santun dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu dari internal guru sendiri dan dari eksternal.