Pengembangan buku ajar berorientasi higher order thinking skills berbasis kearifan lokal jepara untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema daerah tempat tinggalku kelas iv sekolah dasar

Main Author: ASTIYOWATI, LIA
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://eprints.umk.ac.id/16121/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/16121/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/16121/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/16121/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/16121/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/16121/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/16121/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/16121/8/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/16121/
Daftar Isi:
  • Upaya meningkatkan kemampuan berpikir siswa pada level yang lebih tinggi, terutama yang berkaitan dengan kemampuan untuk berpikir kritis dan berpikir kreatif dalam memecahkan masalah dapat dilakukan dengan penggunaan materi berbasis kearifan lokal dan berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS). Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kebutuhan buku ajar tematik berorientasi HOTS berbasis kearifan lokal, (2) Mendeskripsikan prosedur pengembangan buku ajar tematik berorientasi HOTS berbasis kearifan lokal, (3) mengetahui kelayakan buku ajar tematik berorientasi HOTS berbasis kearifan lokal, (4) mengetahui kepraktisan buku ajar tematik berorientasi HOTS berbasis kearifan lokal, dan (5) mengetahui efektivitas buku ajar tematik berorientasi HOTS berbasis kearifan lokal Kabupaten Jepara bagi siswa kelas IV sekolah dasar pada tema Daerah Tempat Tinggalku. Pengembangan buku ajar tematik berorientasi HOTS berbasis kearifan lokal ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R and D). Tahapan pengembangan meliputi: (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Uji coba produk, (7) Revisi produk, dan (8) Uji coba pemakaian. Penelitian dilakukan dengan subjek siswa dari kelas IV SDN 1,2,3,4 Banyuputih dan SDN 2 Sendang Kabupaten Jepara. Pengembangan produk merupakan proses penyusunan buku ajar yang didasarkan pada analisis kebutuhan. Uji validasi dilakukan oleh 2 orang ahli yaitu dosen ahli materi dan ahli media pembelajaran. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi, wawancara, kuesioner, dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji beda dua kelompok (independent sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar tematik berorientasi HOTS berbasis kearifan lokal Kabupaten Jepara sangat dibutuhkan oleh guru dan siswa kelas IV sekolah dasar di Kabupaten Jepara. Hal ini diketahui dari hasil uji kelayakan oleh ahli yang menunjukkan bahwa hasil validasi buku ajar dinyatakan baik. Kepraktisan buku ajar dinyatakan praktis yang ditinjau dari respon baik dari guru dan siswa. Hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelompok eksperimen belajar lebih baik dibanding kelompok kontrol. Artinya, buku ajar tematik berorientasi HOTS berbasis kearifan lokal Kabupaten Jepara yang dikembangkan efektif dan dapat dijadikan sebagai salah satu bahan ajar dalam kegiatan pembelajaran kelas IV sekolah dasar di Kabupaten Jepara.