Pengembangan media pembelajaran literasi aksara berbasis permainan bowling huruf untuk meningkatkan keaksaraan awal anak usia dini di kabupaten rembang
Main Author: | Partilah, Partilah |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/16113/1/HAL%20JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/16113/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/16113/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/16113/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/16113/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/16113/6/BAB%20%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/16113/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/16113/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/16113/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menganalisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran literasi aksara (2) Merumuskan desain pengembangan permainan bowling huruf (3) Menganalisis kelayakan media pembelajaran literasi aksara berbasis permaina bowling huruf untuk meningkatkan kemampuan keaksaraan awal anak usi 5-6 tahun di Rembang (4) Menganalisis keefektifan media pembelajaran literasi aksara berbasis permainan bowling huruf untuk meningkatkan usia 5-6 tahun di Rembang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Researt & Development yang dikemukakan oleh Borg and Gall dengan 10 tahapan. Populasi dalam penelitian ini anak TK kelompok B di kabupaten Rembang. Sampel dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK Pertiwi 2 Desa Kaliapang, TK Pertiwi 1 Desa Kaliapang dan TK Pertiwi Sumbermulyo yang semua berjumlah 45 anak . Tehnik pengumpulan data menggunakan obsevasi, angket , wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan tehnik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, uji persyaratan dan uji t. Hasil penelitian 1) diperlukan media pembelajaran literasi aksara untuk dapat mengembangkan kemampuan keaksaraan awal anak. 2) Pengembangan media pembelajajran literasi aksara berbasis permainan bowling huruf yang dapat mengembangkan keaksaraan awal anak sebagai media permainan anak. 3) Media pembelajarann literasi aksara berbasis permainan bowling huruf berdasarkan hasil validsi ahli materin dan ahli media dinyatan layak untuk meningkatkan keaksaraan awal anak. 4) Pengembangan permainna bowling huruf efektif digunakan untuk mmeningkatkan kemampuan keaksaraan awal anak usia 5-6 tahun di kabupaten Rembang dengan uji t sebesar 21.189 dan t tabel sebesar 4,381 maka atau 21.189>4,381. Sedangkan nilai Ngain sebesar 71 dalam kategoroi efektif.