Pengaruh supervisi klinis, kepemimpinan tranformasional dan budaya sekolah terhadap kinerja guru smp di korwil tayu kabupaten pati
Main Author: | Mustofa, Ali |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/16106/1/JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/16106/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/16106/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/16106/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/16106/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/16106/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/16106/7/BAB%20VI.pdf http://eprints.umk.ac.id/16106/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/16106/9/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/16106/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini yakni: (1) untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh supervisi klinis terhadap kinerja guru SMP Di Korwil Tayu Kabupaten Pati, (2) untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kinerja guru SMP Di Korwil Tayu Kabupaten Pati, (3) untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh budaya sekolah terhadap kinerja guru SMP Di Korwil Tayu Kabupaten Pati, dan (4) untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh supervisi klinis, kepemimpinan transformasional, dan budaya sekolah terhadap kinerja guru SMP Di Korwil Tayu Kabupaten Pati. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan sampel penelitian sejumlah 66 respoden dengan menggunakan metode analisis regresi linier berganda dengan uji prasayarat, uji t dan uji F serta koefesien determinasi. Data yang digunakan data primer dan diolah dengan aplikasi SPSS for windows. Hasil penelitian menunjukan supervisi klinis, kepemimpinan transformasional dan budaya sekolah secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru SMP di Korwil Tayu Kabupaten Pati dan saran untuk penelitian ini antara lain : 1) seoarang guru harus terus meningkatkan kemampuanya dalam ilmu pengetahuan dan menerapkan model pembelajaran inovatif dalam proses pembelajaran karena dapat meningkatkan hasil dan bersedia melaksanakan tugas sesuai perencanaan supervisi klinis, 2) kepala sekolah harus mampu menciptakan hubungan yang baik, akrab dan bersifat kolegial dengan guru sehingga mampu mengembangkan dan meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar dengan baik, 3) Dinas Pendidikan Kabupeten Pati sebaiknya memberikan pelatihan kepada pengawas untuk memperluas wawasan tentang penerapan supervisi klinis dan melakukan pengawasan yang ketat serta berkesinambungan kepada sekolah dan guru.