ctrlnum 16105
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/16105/</relation><title>Pengembangan media video animasi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas iv sd tema 9 kayanya negeriku</title><creator>Machfud, Machfud</creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><subject>Pendidikan dasar</subject><description>Tujuan dari penelitian ini yaitu: Mendeskripsikan kebutuhan pengembangan media video animasi pembelajaran tematik. Mengembangkan media video animasi pembelajaran tematik dengan Power Point dan Camtasia 2019, menganalisis kelayakan dan menguji keefektifan media pembelajaran video animasi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV pada tema 9 kayanya negeriku. &#xD; Metode yang diterapkan yaitu penelitian dan pengembangan mengacu pada pendapat Borg and Gall. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 2 Manggarmas dan SDN 2 Harjowinangun Kabupaten Grobogan, dengan alat pengumpul data yang digunakan antara lain: angket/ kuisioner, tes, Observasi, dan wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu uji validitas dan reliabilitas instrument, uji normalitas, homogenitas, uji independent sample t-test, dan Uji n-Gain.&#xD; Hasil pengembangan produk selanjutnya divalidasi oleh validator ahli materi dan memperoleh nilai 83% kategori sangat valid dan layak, sedangkan dari ahli media memperoleh nilai 83% kategori sangat valid dan layak. Revisi di beberapa bagian sesuai saran dari validator. Selanjutnya media video animasi diterapkan pada kelas eksperimen untuk mengetahui efektivitas produk yang dikembangkan. Hasil uji efektivitas produk dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, diperoleh hasil skor rata-rata dari angket instrumen motivasi belajar siswa diperoleh 3,31 dengan prosentase 83% kategori sangat baik. Hasil uji efektivitas produk dalam meningkatkan hasil belajar siswa, diperoleh N-gain adalah 0,71 dengan kategori tinggi, sedangkan dari uji t diperoleh hasil thitung sebesar -4,601. Dalam ttabel dengan df 65 dengan taraf signifikan &#x3B1; (0,05) didapatkan nilai -12.54011. Dengan hasil -thitung &lt; -ttabel, maka diperoleh hasil terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil belajar kelas kontrol dan hasil belajar kelas eksperimen. Kesimpulannya adalah penggunaan media video animasi pembelajaran tematik efektif meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.</description><date>2022</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/16105/1/HAL%20JUDUL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/16105/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/16105/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/16105/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/16105/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/16105/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/16105/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/16105/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Machfud, Machfud (2022) Pengembangan media video animasi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas iv sd tema 9 kayanya negeriku. Master thesis, Universitas Muria Kudus. </identifier><recordID>16105</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Machfud, Machfud
title Pengembangan media video animasi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas iv sd tema 9 kayanya negeriku
publishDate 2022
topic Pendidikan (Umum)
Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan dasar
url http://eprints.umk.ac.id/16105/1/HAL%20JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/16105/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/16105/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/16105/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/16105/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/16105/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/16105/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/16105/8/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/16105/
contents Tujuan dari penelitian ini yaitu: Mendeskripsikan kebutuhan pengembangan media video animasi pembelajaran tematik. Mengembangkan media video animasi pembelajaran tematik dengan Power Point dan Camtasia 2019, menganalisis kelayakan dan menguji keefektifan media pembelajaran video animasi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV pada tema 9 kayanya negeriku. Metode yang diterapkan yaitu penelitian dan pengembangan mengacu pada pendapat Borg and Gall. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 2 Manggarmas dan SDN 2 Harjowinangun Kabupaten Grobogan, dengan alat pengumpul data yang digunakan antara lain: angket/ kuisioner, tes, Observasi, dan wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu uji validitas dan reliabilitas instrument, uji normalitas, homogenitas, uji independent sample t-test, dan Uji n-Gain. Hasil pengembangan produk selanjutnya divalidasi oleh validator ahli materi dan memperoleh nilai 83% kategori sangat valid dan layak, sedangkan dari ahli media memperoleh nilai 83% kategori sangat valid dan layak. Revisi di beberapa bagian sesuai saran dari validator. Selanjutnya media video animasi diterapkan pada kelas eksperimen untuk mengetahui efektivitas produk yang dikembangkan. Hasil uji efektivitas produk dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, diperoleh hasil skor rata-rata dari angket instrumen motivasi belajar siswa diperoleh 3,31 dengan prosentase 83% kategori sangat baik. Hasil uji efektivitas produk dalam meningkatkan hasil belajar siswa, diperoleh N-gain adalah 0,71 dengan kategori tinggi, sedangkan dari uji t diperoleh hasil thitung sebesar -4,601. Dalam ttabel dengan df 65 dengan taraf signifikan α (0,05) didapatkan nilai -12.54011. Dengan hasil -thitung < -ttabel, maka diperoleh hasil terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil belajar kelas kontrol dan hasil belajar kelas eksperimen. Kesimpulannya adalah penggunaan media video animasi pembelajaran tematik efektif meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
id IOS3090.16105
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2023-02-26T07:11:10Z
last_indexed 2023-02-26T07:11:10Z
recordtype dc
_version_ 1765996437574778880
score 17.13294