Pola asuh orang tua dan bimbingan guru dalam penguatan pendidikan karakter anak pada masa pandemi di sd 3 ngembalrejo
Main Author: | Andiani, Puspita Ratna |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/16099/1/HAL%20JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/16099/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/16099/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/16099/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/16099/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/16099/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/16099/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/16099/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/16099/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana pola asuh orang tua dan bimbingan guru dalam PPK pada masa pandemi Covid_19, menjelaskan nilai-nilai karakter yang tumbuh dalam PPK pada masa pandemi Covid_19, serta faktor pendukung dan penghambat penguatan pendidikan karakter pada masa pandemi Covid_19 di SD 3 Ngembalrejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Studi Kasus dengan tujuan Eksploratoris untuk menggali lebih dalam fenomena yang terjadi tentang bagaimana pola asuh orang tua dan bimbingan guru dalam pembentukan penguatan pendidikan karakter anak secara langsung di SD 3 Ngembalrejo Kudus. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah, Guru Kelas, Siswa dan Orang Tua Siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi (Catatan Lapangan). Teknik Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Kualitatif Interaktif Miles dan Hubermen dengan prosedur coding, dengan uji keabsahan data menggunakan Triangulasi. Hasil penelitian ini Pola asuh orang tua ditemukan pola asuh otoriter Ada 1 narasumber. Pola asuh permisif 1 narasumber dan Pola asuh demokratis 4 narasumber. Teori bimbingan guru terdapat 2 pokok bahasan yaitu; a) Integratif, dan Kolaboratif. Temuan dalam penelitian ini mengembangkan Teori Kolaboratif Integratif dimana kolaborasi antara orang tua dan guru diperlukan dalam penguatan pendidikan karakter di SD 3 Ngembalrejo pada masa pandemi Covid. Faktor Pendukung dan Penghambat PPK dalam Kolaboratif Integratif di SD 3 Ngembalrejo. Menekankan pada kondisi lingkungan yang baik data menjadikan siswa nyaman dalam belajar. Faktor penghambat : Kurang peduli orang tua membuat anak jadi bandel dan tidak bisa di atur seperti siswa Sl.