Pengembangan lembar kegiatan peserta didik (lkpd) berbasis model problem based learning (pbl) tema 6 subtema 1 pembelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas iv sekolah dasar
Main Author: | FEBRIANI, DWI RIZQIATUS SHOUMI |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/16096/1/HAL%20JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/16096/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/16096/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/16096/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/16096/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/16096/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/16096/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/16096/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/16096/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan analisis kebutuhan siswa dan guru terhadap pengembangan LKPD berbasis model PBL pada pembelajaran IPS kelas IV SD, 2) mengembangkan LKPD analisis kebutuhan siswa dan guru terhadap pengembangan LKPD berbasis model PBL pada pembelajaran IPS kelas IV SD, 3) mengetahui keefektifan pengembangan LKPD berbasis model PBL pada pembelajaran IPS kelas IV SD. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D). Borg and Gall memaparkan sepuluh langkah pelaksanaan penelitian Research and Development (R&D). Namun dalam penelitian ini karena ada keterbatasan waktu dan biaya maka peneliti menyederhanakan menjadi 8 langkah. Adapun langkahnya sebagai berikut, tahap (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di beberapa SD di Kabupaten Jepara. Analisa hasil penelitian ini menggunakan Teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari angket dan wawancara, sedangkan sedangkan data kuantitatif diperoleh dari penilaian guru mata pelajaran, kelayakan bahan ajar, hasil pre-test dan post-test siswa. Adapun instrument penelitiannya berupa pedoman wawancara, pedoman observasi, dan pedoman angket. Hasil penelitian ini adalah: 1) hasil angket kebutuhan siswa dan guru menunjukkan bahaw perlu adanya LKPD berbasis model PBL pada tema 6 subtema 1 pelajaran IPS materi sumber daya alam. 2) Proses pengembangan LKPD dilakukan dengan 8 langkah. LKPD didesain dengan ukuran kertas A4, dibuat menarik dengan penuh gambar yang berwarna, berisi tentang gambar materi sumber daya alam yang dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari. 3) LKPD berbasis model PBL layak digunakan setelah dilakukan validasi ahli materi dan ahli bahan ajar. Ahli materi memberikan jumlah skor 54 dengan katergori sangat baik, dan pada validasi ahli bahan ajar memberikan jumlah skor 100 dengan kategori baik. 4) Hasil uji efektifitas LKPD berbasis model PBL berdasarkan analisis statistik bahwa LKPD berbasis model PBL layak digunakan dalam pembelajaran berdasarkan nilai sig 0,000 lebih besar dari 0,05 dan t-hitung 17.75000 > t-tabel 8.1876