Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini : (1) Menganalisis kebutuhan Modul Tematik Berbasis Smart Soft Skills pada Kelas 3 SD. (2) Mendiskripsikan desain pengembangan modul Tematik Berbasis Smart Soft Skills pada kelas 3 SD. (2) Menganalisis tingkat kelayakan Modul Tematik Berbasis Smart Soft Skills pada kelas 3 SD. (4) Menganalisis efektivitas Modul Tematik Berbasis Smart Soft Skills terhadap hasil belajar siswa kelas 3 SD. Penelitian ini mengadopsi desain Research and Development (R&D) Borg & Gall. Dari 10 tahapan desain Research and Development (R&D) Borg & Gall penelitian cukup menggunakan 8 tahapan diantaranya (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan draft produk, (4) uji coba lapangan, (5) penyempurnaan produk awal, (6) uji coba lapangan, (7) penyempurnaan produk akhir (8) desiminasi dan implementasi. Penelitian dilakukan di Gugus Teuku Umar Kecamatan Wonosalam. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, angket, dokumentasi dan test. Instrumen penelitian adalah pedoman wawancara terstruktur kepada guru, angket validasi untuk ahli materi, ahli media, repon siswa, guru dan orang tua wali. Analisis data menggunakan uji instrumen (uji validitas, uji reliabilitas, uji daya beda dan uji tingkat kesukaran soal), uji prasyarat ( uji normalitas dan uji homogenitas), dan uji hipotesisi (independent sample t test, dan uji n-gain) Hasil penelitian: 1) Dibutuhkan bahan ajar yang mampu meningkatkan kemampuan soft skills siswa. 2) Meningkatnya hasil belajar siswa;3) Bahan ajar yang dikembangkan berupa modul tematik berbasis smart soft skills; 4) Modul tematik berbasis smart soft skills layak digunakan untuk pembelajaran di kelas 3 berdasarkan hasil validasi ahli media sebesar 3,36 dengan kriteria sangat baik, dan hasil validasi ahli materi sebesar 3,17 dengan kriteria sangat baik. Hasil ini diperkuat dengan rata-rata prosentase angket respon positif guru 98 % katagori sangat baik dan siswa 89% katagori sangat baik, 5) Terdapat efektifitas modul tematik berbasis smart soft skills untuk meningkatkan hasil siswa kelas 3 berdasarkan hasil uji terbatas dengan t hitung > t tabel (5,861 > 2,0244) dan uji lapangan luas diperoleh nilai t hitung > t tabel (9,433 > 1,9751) dan sig hitung< 0,05. Selain itu diperkuat dengan hasil angket orang tua wali tentang soft skills siswa sebesar 85 % katagori baik.