Pengembangan bahan ajar berbasis cerita rakyat demak untuk meningkatkan minat baca siswa pada kelas iv sekolah dasar
Main Author: | WINAYAH, SRI |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/16079/1/HAL%20JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/16079/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/16079/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/16079/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/16079/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/16079/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/16079/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/16079/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/16079/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah 1) menganalisis kebutuhan pengembangan bahan ajar berbasis cerita rakyat Demak untuk meningkatkan Minat baca siswa pada kelas IV Sekolah Dasar 2) Menganalisis desain pengembangan bahan ajar berbasis cerita rakyat Demak untuk Meningkatkan minat baca siswa pada kelas IV Sekolah Dasar 3) Menganalisis kelayakan bahan ajar berbasis cerita rakyat Demak untuk meningkatkan minat baca siswa pada kelas IV Sekolah Dasar di Demak.4) Menganalisis efektifitas bahan ajar berbasis cerita rakyat Demak dalam meningkatakan Minat Baca Siswa Pada Kelas IV Sekolah Dasar Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan atau research and development (R&D). Desain penelitian terdiri dari potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, produksi masal. Teknik pengumpulan data yaitu kuesioner, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data meliputi menggunakan uji validitas, uji homogenitas, uji normalitas dan uji test dan perhitungan indeks gain. Hasil penelitian 1) bahan ajar, berdasarkan wawancara guru dan siswa menjelaskan kebutuhan akan bahan ajar sangat dibutuhkan mengingat buku panduan dari kemendikbud maupun LKS kurang afektif sehingga kurangnya minat baca siswa. 2) Pengembangan bahan ajar berbasis cerita rakyat Demak untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas IV Sekolah Dasar di Demak dibuat empat bab. Kemudian produk tersebut diuji kelayakannya dengan angket validasi ahli dengan vasil valid. 3) Bahan ajar berbasis cerita rakyat Demak layak digunakan untuk meningkatkan minat baca siswa berdasarkan uji coba produk diperoleh hasil kelas eksperimen 1 sebesar 78.8% pada kategori berminat, kelas eksperimen 2 sebesar 80,6% pada kategori sangat berminat dan kelas control sebesar 54,3% pada kategori cukup berminat 4) Bahan ajar berbasis cerita rakyat Demak efektif dalam meningkatkan Minat baca berdasarkan hasil paired samples statistic diperoleh mean sebesar 80,6 pada eksperimen 1 dan 78,8 pada eksperimen 2, dan 54,3 pada kelas control. Simpulan dari penelitian ini adalah pengembangan bahan ajar berbasis cerita rakyat Demak layak dan efektif dalam meningkatkan minat baca siswa kelas IV SD sehingga dapat digunakan saat pembelajaran. Saran penelitian selanjutnya dapat menerapkan bahan ajar berbasis cerita rakyat Demak pada muatan pembelajaran lainnya dengan memperbaiki tampilan desain dan menambah referensi untuk memperdalam pembahasan materi dalam bahan ajar