Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan mind mapping terhadap hasil belajar ipa siswa kelas vi di sekolah dasar kecamatan demak
Main Author: | MUALIFAH, MUALIFAH |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/16077/1/HAL%20JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/16077/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/16077/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/16077/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/16077/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/16077/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/16077/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/16077/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/16077/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap Hasil Belajar IPA, 2) menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping terhadap hasil belajar IPA, 3) menganalisis perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan mind mapping terhadap hasil belajar IPA. Metode penelitian ini adalah eksperimen. metode eksperimen adalah metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan. Adapun model yang digunakan adalah quasi experimenta sedangkan rancangan menggunakan pretest-pottest control group design. Tempat penelitian di SD Negeri Bolo, SD Negeri Sedo 2 dan SD Negeri Cabean 2 Kecamatan Demak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata, uji pembeda dan N gain. Hasil penelitian bahwa (1) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar IPA berdasarkan, uji paired samples test nilai Sig. (2-tailed) diperoleh 0.000 < 0.05, atau t-hitung 16.428 > t-tabel 1.97783 (2) terdapat pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar IPA, berdasarkan uji paired samples test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) diperoleh 0.000 < 0.05 atau t-hitung 8.609 > t-tabel 1.68957, (3) Ada perbedaan pengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan mind mapping terhadap hasil belajar IPA berdasarkan uji paired samples test dimana pengaruh model pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar sebesar 26,22 dan pengaruh model pembelajaran mind mapping sebesar 21.23. juga hasil uji N-Gain memperoleh nilai means hasil posttest eksperimen 1 sebesar 90.22 dan posttest eksperimen 2 sebesar 84.44. Kesimpulannya model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih efektif dari pada model pembelajaran mind mapping.