Daftar Isi:
  • Tujuan dalam penilitian ini adalah : 1) untuk mengetahui kebutuhan modul menulis cerita rakyat Demak untuk meningkatkan keterampilan menulis kelas IV Sekolah Dasar. 2) untuk mengembangkan desain modul menulis cerita rakyat Demak berbasis model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk meningkatkan keterampilan menulis kelas IV Sekolah Dasar. 3) untuk menganalisis kelayakan modul menulis cerita rakyat Demak berbasis model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk meningkatkan keterampilan menulis kelas IV Sekolah Dasar. 4) untuk menganalisis efektivitas pengembangan modul menulis cerita rakyat Demak berbasis model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk meningkatkan keterampilan menulis kelas IV Sekolah Dasar. Metode dalam penelitian ini adalah reseacrh dan developmen (R&D) dengan model pendekatan eksperimen adapun desain yang digunakan adalah pre-test dan postest control group desain. Uji prasyarat meliputi uji normalitas, homogenitas, dan uji keefektifan produk meliputi uji N-Gain dan Uji T-test. Hasil penelian bahwa: Uji paired samples t test nilai Sig. (2-tailed) diperoleh 0.000 < 0.05, atau t-hitung 32,016 > t-tabel 2,03693 maka dapat diartikan bahwa ada perbedaan rata-rata keterampilan menulis siswa sebelum dan setelah menggunakan modul di SD Negeri Sukodono 1 Kecamatan Bonang Kabupaten Demak. Pada uji paired samples test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) diperoleh 0.000 < 0.05 atau t-hitung 26,496 > t-tabel 2,04523, maka dapat diartikan bahwa ada perbedaan rata-rata keterampilan menulis siswa sebelum dan setelah menggunakan modul di SD Negeri Sumberejo 2 Kecamatan Bonang Kabupaten Demak. Simpulan penelitian ini adalah modul menulis cerita rakyat Demak berbasis model Cooperative Integrated Reading And Composition efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis kelas IV Sekolah Dasar.