Efektivitas model problem based learning dan discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi luas lingkaran kelas vi sd gugus jenderal sudirman kecamatan gajah kabupaten demak tahun 2021

Main Author: NAFI’AH, SHOFIATUN
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://eprints.umk.ac.id/16052/1/HAL%20JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/16052/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/16052/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/16052/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/16052/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/16052/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/16052/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/16052/8/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/16052/
Daftar Isi:
  • Nafiah, Shofiatun. 2021. “Efektivitas Model Problem Based Learning dan Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa materi luas lingkaran Kelas VI Sekolah Dasar Gugus Jenderal Sudirman Kecamatan Gajah Kabupaten Demak Tahun 2021”. Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi PGSD. Program Pasca Sarjana. Universitas Muria Kudus. Pembimbing I Dr. Slamet Utomo, M.Pd., Pembimbing II Dr. Sumaji, M.Pd Tujuan penelitian 1) mengetahui keefektifan penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar siswa, 2) mengetahui keefektifan penerapan model discovery laerning terhadap hasil belajar siswa, 3) menemukan yang lebih efekif penerapan model problem based learning atau discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi luas lingkaran kelas VI Sekolah Dasar. Metode penelitian quasi eksperimen, pendekatan kuantitatif, desain Nonequivalent Kontrol Group Desig. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VI Gugus Jenderal Sudirman Kecamatan Gajah. Sampel dalam penelitian ini menggunakan 3 Sekolah Dasar yaitu Sekolah Dasar Negri Mlatiharjo 2 dengan model Problem Based Learning, Sekolah Dasar Negri Mlekang 3 dengan model Discovery Learning dan Sekolah Dasar Negri Mlekang 2 sebagai kelas kontrol dengan pembelajara langsung. Adapun pengambilan sampel menggunakan teknik purpose sampling. Teknik pengumpulan data kemampuan berpikir kritis menggunakan tes uraian. Teknik analisis data menggunakan deskripsi data, uji prasyarat meliputi uji normalitas dan uji homogenitas, serta analisis akhir (uji hipotesis) yang meliputi uji t. Hasil penelitian: 1)Penerapan model problem based learning efektif dapat meningkatkan hasil belajar materi luas lingkaran kelas, berdasarkan nilai N-Gain pada category efektif, maka hipotesis “ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi luas lingkaran ”diterima”. 2) Penerapan model discovery learning efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi luas lingkaran kelas VI Sekolah Dasar, berdasarkan nilai N-Gain berada pada kategori cukup efektif. Demikian maka hipotesis “Ada pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi luas lingkaran “diterima” 3) Terdapat perbedaan keefektifan model pembelajaran discovery learning dan discovery learning terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan model problem based learning berada kategori efektif 85,7% model discovery learning pada kategori cukup efektif 72,2%.