Pengaruh metode pembelajaran role playing dan sosiodrama terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kepekaan sosial peserta didik kelas iv sekolah dasar
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis kepekaan sosial peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini untuk 1) menganalisis pengaruh Role Playing terhadap terhadap Kepekaan Sosial, 2) menganalisis pengaruh Sosiodrama terhadap Kepekaan Sosial, 3) menganalisis pengaruh Role Playing terhadap Berpikir Kritis, 4) menganalisis pengaruh Sosiodrama terhadap Berpikir Kritis, 5) menganalisis pengaruh Kepekaan Sosial terhadap Berpikir Kritis, 6) menganalisis perbedaan pengaruh Role Playing dan Sosiodrama terhadap Kepekaan Sosial, 7) menganalisis perbedaan pengaruh Role Playing dan Sosiodrama terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimental (experimental research) dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi penelitian sebanyak 6 Sekolah dengan data 208 peserta didik dan sampel 4 sekolahan pada peserta didik kelas IV Sekolah Dasar di Gugus Karangkusuma Kecamatan Mranggen. Pemilihan sampling dalam penelitian ini adalah dengan teknik Purposive Sampling. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda dan tes kuesioner. Teknik analisis data dengan deskripsi data, uji normalitas dan uji homogenitas, uji t serta N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan 1) terdapat pengaruh penggunaan Role Playing terhadap Kepekaan Sosial peserta didik kelas IV Sekolah Dasar yang dibuktikan dari hasil uji t diperoleh t hitung(21,942) > t tabel(1,681) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima maka hipotesis 1 terbukti. 2) terdapat pengaruh Sosiodrama terhadap Kepekaan Sosial yang dibuktikan dari hasil uji t diperoleh t hitung(28,926) > t tabel(1,681) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima maka hipotesis 2 terbukti. 3) terdapat pengaruh Role Playing terhadap Berpikir Kritis yang dibuktikan dari hasil uji t diperoleh t hitung(15,065) > t tabel(1,671) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima maka hipotesis 3 terbukti 4) terdapat pengaruh Sosiodrama terhadap Berpikir Kritis yang dibuktikan dari hasil uji t diperoleh t hitung(14,739) > t tabel(1,672) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima maka hipotesis 4 terbukti 5) Terdapat pengaruh Kepekaan Sosial terhadap Berpikir Kritis yang dibuktikan dari hasil uji t diperoleh t hitung(38,650) > t tabel(1,681) sehinga H0 ditolak dan H1 diterima maka hipotesis 5 terbukti 6) perbedaan pengaruh Role Playing dan Sosiodrama terhadap Kepekaan Sosial yang dibuktikan dari hasil uji t diperoleh t hitung(45,832) > t tabel(1,676) dan (44,689) > t tabel(1,676) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima maka hipotesis 6 terbukti 7) perbedaan pengaruh Role Playing dan Sosiodrama terhadap Berpikir Kritis yang dibuktikan dari hasil uji t diperoleh t hitung (28,926) > t tabel(1,681) dan (21,942) > t tabel(1,681) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima maka hipotesis 7 terbukti.