Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis pengaruh media gambar pada pembelajaran luring terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD di Kecamatan Sayung Kabupaten Demak. 2) Menganalisis pengaruh media video pada pembelajaran luring terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD di Kecamatan Sayung Kabupaten Demak. 3) Menganalisis perbedaan pengaruh media gambar dan media video pada pembelajaran luring terhadap hasil belajar matematika siswa kelasV SD di Kecamatan Sayung Kabupetan Demak. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan metode kuasi eksperimen peneliti menggunakan desain control group pretest-postest. yaitu desain gabungan antara desain pretest posttest group dengan static group comparison. Dengan analisis asumsi klasik uji normalitas dan uji homogenitas. Kelas eksperimen SDN Timbulsloko 1,SDN Timbulsloko 2, SDN Tugu 1,SDN Surodadi 1 dan SDN Surodadi 2 sedangkan pada kelas kontrol SDN Tugu 2. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar. Analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan pengaruh media gambar dan media video pada pembelajaran luring terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD di Kecamatan Sayung Kabupaten Demak dengan nilai rata-rata posttest media video lebih tinggi daripada media gambar