Pengaruh penerapan model project based learning dan model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis materi kalor dan perpindahannya pada siswa kelas vi sd di kecamatan demak
Main Author: | SHOFIYATI, SRI |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/16042/1/HAL%20JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/16042/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/16042/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/16042/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/16042/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/16042/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/16042/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/16042/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/16042/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis pengaruh penerapan model Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa materi kalor dan perpindahannya pada kelas VI SD di Gugus Pangeran Diponegoro Kecamatan Demak Kabupaten Demakr (2) Menganalisis pengaruh penerapan model Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa materi kalor dan perpindahannya pada kelas VI SD di Gugus Pangeran Diponegoro Kecamatan Demak Kabupaten Demak (3) Menganalisis perbedaan pengaruh penerapan model Project Based Learning (PjBL) dan model Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa materi kalor dan perpindahannya pada kelas VI SD di Gugus Pangeran Diponegoro Kecamatan Demak Kabupaten Demak. Jenis Penelitian kuantitatif dengan model penelitian Quasi eksperimental dengan bentuk nonequivalent control group design Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VI SD di kecamatan Demak. Sampel penelitian adalah 3 SD yaitu dari kelas VI SD N Bintoro 8, Keas VI SD N Bintoro 9 dan kelas VI SD N Bintoro 10 tehnik pengambilan sampel Purpose sampling Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan Tes. .Aanalisis data meliputi deskripsi data, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji dan N-Gain Hasil penelitian menunjukkan 1) Ada pengaruh signifikan penerapan model project based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa berdasarkan t hitung sebesar 17.812 dan t tabel sebesar 1,9977 maka thitung > ttabel i. 2) Ada pengaruh signifikan penerapan model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan t tabel sebesar 1,9995 maka thitung > ttabel 3) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan penerapan model project based learning dan model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan nilai t hitung sebesar 14.483 dan t tabel sebesar 1,9939 maka thitung > ttabel. Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model project based learning dan model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa materi kalor dan perpindahannya pada kelas VI SD di Gugus Pangeran Diponegoro Kecamatan Demak Kabupaten Demak