Daftar Isi:
  • Persoalan yang dikaji pada penelitian ini memiliki dua tujuan yaitu pertama menganalisis bentuk pola asuh yang diterapkan orang tua dalam memotivasi anak pada pembelajaran daring dan tujuan kedua adalah menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar anak pada pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Pecuk Kecamatan Mijen Kabupaten Demak dengan subjek yaitu anak SD bertempat tinggal di Desa Pecuk Rt 03/Rw03 yang bersekolah di SDN Pecuk 01 dan SDN Pecuk 02, orang tua beserta guru. Pada pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa pola asuh orang tua di Desa Pecuk Kecamatan Mijen Kabupaten Demak yaitu menggunakan pola asuh demokratis, pola asuh permitif, dan pola asuh otoriter. Pengaruh Pola asuh terhadap motivasi belajar anak di Desa Pecuk Kecamatan Mijen Kabupaten Demak menunjukan bahwa orang tua memberikan pengasuhan yang baik sesuai dengan perkembangan anak dapat memberikan peranan penting terhadap motivasi belajar. Faktor yang mempengaruhi motivasi belajar anak pada pembelajaran daring yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor yang ada dalam diri sendiri. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar sendiri seperti pola asuh orang tua, teman bermainnya, dan lingkungan sekitarnya.