Pembinaan Sikap Nasionalisme Pada Siswa Sdn 3 Padurenan
Main Author: | Azhari, Imam |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/16013/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/16013/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/16013/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/16013/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/16013/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/16013/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/16013/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/16013/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/16013/ |
Daftar Isi:
- Sikap Nasionalisme adalah suatu ideolagi yang meletakkan suatu tindakan dalam menunjukkan kesetiaan, kecintaan, dan menghargai kepentingan bersama guna menjaga kehidupan dalam perihal semangat nasional, bernegara atau berbangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap nasionalisme siswa pada pembelajaran jarak jauh dan strategi sekolah dalam menumbuhkan sikap nasionalisme siswa SDN 3 Padurenan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara dan observasi, lembar wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakana adalah Reduksi Data, Penyajian data dan Kesimpulan. Subjek dari penelitian ini adalah Kepala sekolah, guru kelas lima, dan siswa kelas lima yang berjumlah 8 siswa SDN 3 Padurenan. Hasil penelitian siswa SDN 3 Padurenan mempunyai sikap nasionalisme selama pembelajaran jarak jauh (PJJ) antara lain bangga sebagai bangsa Indonesia, cinta tanah air, rela berkorban demi bangsa, menghargai keanekaragaman kebudayaan, menghargai jasa para pahlawan, dan mengutamakan kepentingan umum. Dari sikap nasionalisme tersebut siswa sudah diterapkan walaupun masih ada yang belum maksimal dikarenakan kondisi yang ada. Strategi sekolah dalam menumbuhkan sikap nasionalisme siswa di SD 3 Padurenan antara lain budaya sekolah, Integrasi pembelajaran sebagai wahana pengembangan sikap nasionalisme siswa, dan ekstrakurikuler wahana pembinaan sikap nasionalisme siswa. Yaitu dengan menegakkan budaya sekolah yaitu selalu menegakkan 3 S (senyum, sapa, dan salam) setiap berada di lingkunagn sekolah maupun diluar sekolah. Upacara bendera dengan tertib, pembacaan Asmaul Husna. Integrasi pembelajaran sebagai wahana pengembangan sikap nasionalisme siswa yaitu pembelajaran melalui metode sosiodrama, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan lagu Wajib Nasional, serta siswa membaca doa sebelum belajar secara bersama-sama. Serta ekstrakurikuler wahana pembinaan sikap nasionalisme siswa yaitu dengan berlatih tari, pramuka, dan rebana dengan baik. Kesimpulan pada penelitian ini adalah selama pembelajaran jarak jauh (PJJ) siswa SDN 3 Padurenan memiliki sikap nasionalisme antara lain bangga sebagai bangsa Indonesia, cinta tanah air, rela berkorban demi bangsa, menghargai keanekaragaman kebudayaan, menghargai jasa para pahlawan, dan mengutamakan kepentingan umum. Sedangkan, Strategi sekolah dalam menumbuhkan sikap nasionalisme siswa di SD 3 Padurenan antara lain budaya sekolah wahana pengembangan sikap nasionalisme siswa, Integrasi pembelajaran sebagai wahana pengembangan sikap nasionalisme siswa, dan ekstrakurikuler wahana pembinaan sikap nasionalisme siswa.