Pemodelan supply chain management dalam sistem informasi pemasaran ikan satu pintu
Main Authors: | Fiati, Rina, Latubessy, Anastasya |
---|---|
Format: | Research NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/15979/1/Halaman%20Judul%20%281%29.pdf http://eprints.umk.ac.id/15979/2/BAB%201.pdf http://eprints.umk.ac.id/15979/3/BAB%202.pdf http://eprints.umk.ac.id/15979/4/BAB%203.pdf http://eprints.umk.ac.id/15979/5/BAB%204.pdf http://eprints.umk.ac.id/15979/6/BAB%205.pdf http://eprints.umk.ac.id/15979/7/Daftar%20Pustaka.pdf http://eprints.umk.ac.id/15979/8/Lampiran.pdf http://eprints.umk.ac.id/15979/ |
Daftar Isi:
- Indonesia merupakan Negara maritim dengan potensi sumber daya laut yang tersebar diseluruh wilayah kepulauan Indonesia. Hasil-hasil laut menjadi salah satu komoditas yang mampu menjadi andalan dalam perekonomian di Indonesia. Oleh sebab itu pemerintah Indonesia selalu mengeluarkan kebijakan-kebijakan untuk meningkatkan kualitas hasil laut dan menjaga kestabilan perairan laut Indonesia. Disisi lain, pemerintah juga perlu memperhatikan pemerataan ekonomi bagi nelayan-nelayan kecil. Sistem pemasaran ikan yang selama ini berlangsung masih harus melewati beberapa tahapan. Dengan sistem pemasaran seperti itu, konsumen tidak membeli langsung dari produsen. Hal tersebut dapat disebabkan karena kurangnya informasi konsumen akan letak dan lokasi produsen ikan dilingkungannya. Dengan pembelian langsung ke produsen juga dapat meningkatkan perekonomian nelayan. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini akan membuat model untuk memotong rantai pasok distribusi penjualan ikan. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kesejahteraan nelayan sebagai produsen ikan agar diberi kesempatan yang sama dalam bersaing memperoleh konsumen secara langsung, serta untuk memberikan kemudahan kepada konsumen pembeli ikan dalam mengakses informasi lokasi lembaga-lembaga pemasaran ikan dan harga jual ikan. Sistem pemasaran ikan yang selama ini berlangsung masih harus melewati beberapa tahapan. Dengan sistem pemasaran seperti itu, konsumen tidak membeli langsung dari produsen. Hal tersebut dapat disebabkan karena kurangnya informasi konsumen akan letak dan lokasi produsen ikan dilingkungannya. Dengan pembelian langsung ke produsen juga dapat meningkatkan perekonomian nelayan yang adalah produsen ikan. Hasil dari penelitian ini melakukan Supply Chain analisis dengan metode Supply Chain Operation Reference(SCOR) dalam Sistem Informasi Pemasaran Ikan Satu Pintu, para nelayan dapat memiliki target pasar sendiri, yang dapat secara langsung membeli ikan dari nelayan yang adalah produsen utama ikan.