Pengembangan kamus saku (bahasa indonesia- bahasa inggris/ bahasa inggris-bahasa indonesia) materi geometri untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris bagi mahasiswa prodi pendidikan matematika

Main Authors: Utari, Aisyah Ririn Perwikasih, Purwaningrum, Jayanti Putri
Format: Research NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.umk.ac.id/15971/1/HALAMAN%20DEPAN%20%281%29.pdf
http://eprints.umk.ac.id/15971/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/15971/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/15971/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/15971/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/15971/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/15971/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/15971/
Daftar Isi:
  • Penguasaan Bahasa Inggrismerupakan factor penentu dalam era globalisasi dan merupakan salah satu keberhasilan dalam pembelajaran di perguruantinggi. Kemampuan berbahasa Inggris mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Universitas Muria Kudus dapat dikembangkan melalui mata kuliah Bahasa Inggris Pendidikan Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengkaji validitas kamus saku (Indonesia-Bahasa Inggris/Bahasa Inggris-Indonesia) materi geometri untuk mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika; (2) Mengkaji respon mahasiswa terhadap kamus saku (Indonesia-Bahasa Inggris/ Bahasa Inggris-Indonesia) materi geometri pada mata kuliah bahasa inggris pendidikan matematika; dan (3) Menganalisis efektivitas pembelajaran Bahasa Inggris Pendidikan Matematika berbantuan kamus saku (Indonesia-Bahasa Inggris/ Bahasa Inggris-Indonesia) pada materi geometri. Penelitian ini adalah penelitian RnD yang dilaksanakan di Universitas Muria Kudus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengembangan kamus saku (Bahasa Indonesia- Bahasa Inggris/ Bahasa Inggris-Bahasa Indonesia) materi geometri dengan tahapan pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop) menghasilkan sebuah produk kamus saku sebagai sumber belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Universitas Muria Kudus; (2) Kelayakan kamus saku (Bahasa Indonesia- Bahasa Inggris/ Bahasa Inggris-Bahasa Indonesia) materi geometri berdasarkan ahli materi dan dan ahli sumber belajar adalah sangat layak dan dapat digunakan sebagai sumber belajar; (3) Kepraktisan kamus saku (Bahasa Indonesia- Bahasa Inggris/ Bahasa Inggris-Bahasa Indonesia) materi geometri berdasarkan analisis jawaban angket yang diberikan kepada mahasiswa adalah sangat praktis sehingga dapat digunakan sebagai sumber belajar; dan (4) Respon mahasiswa terhadap pengembangan kamus saku (Bahasa Indonesia Bahasa Inggris/ Bahasa Inggris-Bahasa Indonesia) materi geometri sangat positif sebab kamus dapat digunakan sebagai media pembelajaran penunjang dalam belajar matematika yang menggunakan Bahasa Inggris