Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis cara yang baik untuk melakukan perencanaan karakter kemandirian siswa untuk pengokohan pendidikan karakter siswa kelas V SDN 02 Sidorekso Kabupaten Kudus. Menganalisis pengorganisasian dalam menjalankan karakter kemandirian siswa untuk pengokohan pendidikan karakter siswa kelas V SDN 02 Sidorekso Kabupaten Kudus. Serta menganalisis pengawasan yang baik untuk karakter kemandirian siswa dalam pengokohan pendidikan karakter siswa kelas V SDN 02 Sidorekso Kabupaten Kudus. Metode yang digunakan peneliti dalam oenelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang dilakukan di SD N 2 Sidorekso Kabupaten Kudus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, pencatatan, pemotretan, perekaman, dan transkipsi. Hasil dari penelitian yaitu cara planning (perencanaan) karakter kemandirian siswa untuk pengokohan pendidikan karakter mandiri siswa kelas V SDN 2 Sidorekso dilakukan oleh guru yaitu dengan adanya kegiatan rutin dan pengintegrasian nilai kemandirian dalam mata pelajaran. Sedangkan cara organizing (pengorganisasian) yang telah dilakukan guru dalam menjalankan karakter kemandirian siswa yaitu dengan mengorganisasikan pembelajaran. Kegiatan rutin dan pengintegrasian dalam mata pelajaran yang telah direncanakan diterapkan dengan baik sesuai tujuan agar pembelajaran dapat berlangsung dengan efisien dan efektif. Kegiatan controlling (pengawasan) yang baik dilakukan guru dalam penguatan pendidikan karakter mandiri yaitu dengan mengawasi siswa selama kegiatan pembelajaran.