Daftar Isi:
  • Saat ini, penggunaan teknologi telah berkembang pesat dalam dunia pendidikan. Siswa dan guru dapat memanfaatkan teknologi dalam proses belajar mengajar mereka. Salah satunya dengan mengaplikasikan teknologi sebagai media dalam proses belajar mengajar. WhatsApp merupakan salah satu dari sekian banyak jenis teknologi yang dapat digunakan dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi persepsi mahasiswa tentang penggunaan WhatsApp grup dalam proses pembelajaran online; dan megetahui hambatan yang di hadapi siswa dalam melakukan pembelajaran oline menggunakan WhatsApp grup. Untuk menjawab pertanyaan tersebut peneliti melakukan survey terhadap 30 mahasiswa dan wawancara terhadap 5 mahasiswa semester VII jurusan pendidikan Bahasa Inggris. Survey kuisioner terdiri dari pertanyaan tertutup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki persepsi yang neutral terhadap pembelajaran online menggunakan grup WhatsApp. Hal ini dikarenakan WhatsApp dapat membantu mahasiswa dalam proses pemelajaran daring selama masa pandemi, tetapi mereka juga mempunyai beberapa hambatan dalam pembelajaran online sengan menggunakan grup WhatsApp. Singkatnya, persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran online dengan menggnakan grup WhatsApp adalah netral. Pada akhir penelitian ini, peneliti berharap sosial media dapat di gunakan siswa sebagai alat pembelajaran Bahasa Inggris yang efektif. Peneliti juga memberi saran kepada guru, agar menyertakan gamapar ataupun vidio saat pebelajar online, agar lebih mudah dipahami oleh mahasiswa