Hubungan antara efikasi diri dan dukungan sosial dengan optimisme guru dalam mendidik siswa slb
Main Author: | NUGRAHENI, DINDA SUKMA |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Lainnya |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/15878/4/HAL%20JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/15878/6/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/15878/7/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/15878/8/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/15878/1/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/15878/2/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/15878/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/15878/5/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/15878/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik hubungan antara efikasi diri dan dukungan sosial dengan optimisme guru dalam mendidik siswa SLB. Subjek penelitian ini adalah guru yang mengajar di sekolah luar biasa dengan melibatkan 54 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dan alat yang digunakan untuk memperoleh data dengan menggunakan skala optimisme, skala efikasi diri, dan skala dukungan sosial. Hasil koefisien dari ketiga variabel rx12y sebesar 0,552 dengan taraf signifikansi p sebesar 0,001 (p < 0,01), sumbangan efektif sebesar 30,4%. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis mayor yang diajukan diterima, dimana efikasi diri (X1) dan dukungan sosial (X2) mempunyai hubungan yang sangat signifikan dengan optimisme (Y). Hasil analisis efikasi diri (X1) dengan optimisme (Y) diperoleh rx1y sebesar 0,547 dengan p sebesar 0,000 (p < 0,01) besar sumbangan efikasi diri dengan optimisme sebesar 15,6%. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang sangat signifikan antara efikasi diri dengan optimisme guru dalam mendidik siswa slb dengan demikian hipotesis minor 1 yang diajukan diterima. Hasil analisis dukungan sosial (X2) dengan optimisme (Y) diperoleh rx2y sebesar 0,395 dengan p sebesar 0,004 (p < 0,01) besar sumbangan dukungan sosial dengan optimisme sebesar 11,5%. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang sangat signifikan antara dukungan sosial dengan optimisme guru dalam mendidik siswa slb dengan demikian hipotesis minor 2 yang diajukan diterima.