Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh orientasi kewirausahaan, inovasi, dan penggunaan teknologi informasi terhadap kinerja bisnis melalui keunggulan kompetitif pada pedagang pakaian di Pasar Kliwon Kabupaten Kudus. Orientasi kewirausahaan, inovasi dan penggunaan teknologi informasi berperan sebagai variabel eksogen, sedangkan keunggulan kompetitif sebagai variabel intervening serta kinerja bisnis sebagai variabel endogen. Jumlah populasi penelitian ini sebesar 1550 pedagang pakaian dengan sampel sebanyak 318 responden dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Analisis data menggunakan teknik SEM dengan bantuan software AMOS 24. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan kompetitif tetapi berpengaruh negatif terhadap kinerja bisnis. Inovasi dan penggunaan teknologi informasi terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan kompetitif dan kinerja bisnis. Keunggulan kompetitif mampu menjadi variabel intervening antara pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja bisnis, inovasi terhadap kinerja bisnis dan penggunaan teknologi informasi terhadap kinerja bisnis.