Korelasi antara kecerdasan naturalis terhadap sikap peduli lingkungan sekitar siswa sd negeri pulorejo 01
Main Author: | RAHMAWATI, INDAH |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/15800/7/JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/15800/1/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/15800/2/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/15800/3/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/15800/4/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/15800/5/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/15800/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/15800/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/15800/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya masalah siswa yang kurang peduli terhadap lingkungan sekitar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan hubungan serta faktor yang mempengaruhi korelasi antara kecerdasan naturalis dengan sikap peduli lingkungan sekitar. Kecerdasan naturalis merupakan proses kemampuan siswa dalam mengenali lingkungan alam dan rasa peduli terhadap tumbuhan serta hewan maupun benda mati disekitarnya. Kecerdasan naturalis ini akan dikorelasikan dengan sikap peduli lingkungan sekitar. Sikap peduli lingkungan merupakan tindakan untuk merawat dan memperbaiki kerusakan yang ada di lingkungan sekitar. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling yaitu random sampling sebanyak 30 siswa. Hasil uji coba angket kecerdasan naturalis mendapatkan 28 pernyataan valid dari 40 pernyataan dengan reliabilitas sebesar 0,912 kemudian pada angket sikap peduli lingkungan mendapatkan 31 pernyataan valid dari 40 pernyataan dengan reliabilitas sebesar 0,934. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner atau angket. Data bersifat distribusi normal dengan nilai signifikansi variabel kecerdasan naturalis 0,364 > 0,05 dan sikap peduli lingkungan sebesar 0,746 > 0,05. Terdapat hubungan yang linier dari kedua variabel dengan nilai signifikansi 0,100 > 0,05 dan nilai F hitung 2,001 < F tabel 2,45 sehingga terdapat pola linear yang signifikansi kedua variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kecerdasan naturalis terhadap sikap peduli lingkungan sebesar 0,404 dengan kategori cukup. Hubungannya bernilai positif yang dapat diartikan apabila semakin maksimal kecerdasan naturalis, maka semakin tinggi sikap peduli terhadap lingkungan. Faktor yang mempengaruhi hubungan variabel kecerdasan naturalis adalah “yakin bahwa mempunyai hak-haknya sendiri” sedangkan dari variabel sikap peduli lingkungan adalah “menggunakan alat elektronik dengan bijak”. Secara keseluruhan ada tiga faktor yang mempengaruhi yaitu faktor dari dalam diri siswa, faktor lingkungan keluarga yang berasal dari luar diri siswa, dan faktor dari media atau sarana lingkungan sekitar. Peran orang tua sangat diperlukan dalam mengembangkan kecerdasan naturalis pada siswa. Salah satunya melalui sikap peduli terhadap lingkungan sekitar menggunakan media atau sarana serta aturan tertentu.