Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk menganalisis kebutuhan model supervisi akademik berbasis rekan sejawat di SMP Negeri se-Kecamatan Bae Kabupaten Kudus, 2) untuk memaparkan “pengembangan model supervisi akademik berbasis rekan sejawat di SMP Negeri se-Kecamatan Bae Kudus,” 3) Untuk menganalisis asumsi guru terhadap kelayakan model supervisi akademik berbasis rekan sejawat di SMP Negeri se-Kecamatan Bae Kudus. Penelitian ini jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan tahapan penelitian 1) menganalisisi potensi dan masalah; 2) mengumpulkan data; 3) mendesain produk; 4) melakukan validasi desain; 5) revisi desain; dan 6) melakukan uji coba produk. Adapun analisis data menggunakan analisis asumsi dan reduduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian 1) Berdasarkan hasil analisis kebutuhan terhadap kepala sekolah dan guru di SMP negeri Bae Kudus diketahui bahwa guru membutuhkan adanya model supervisi akademik yang disesuaikan dengan kondisi nyata yaitu model supervisi akademik dengan teknik kelompok untuk mencari solusi atas tumpang tindih peran dan tugas kepala sekolah, sehingga semua kompetensi guru yang ada dapat diberdayakan untuk kemajuan bersama, dan dengan melibatkan rekan sejawat pada bidang keilmuan yang sama; 2) Pengembangan model supervisi berbasis rekan sejawat dimulai dengan menggambar desain model supervisi dengan empat tahapan. Setelah desain di gambar dilakukan uji validasi kepada ahli manajemen pendidikan, selanjutnya model supervisi dikemas dalam bentuk buku di uji oleh praktisi pendidikan. Model supervisi mengalami perubahan 2 kali sampai pada model hipotetik 4 tahapan a) pertemuan awal, b) pengorganisasian kelompok, c) pelaksanaan, dan d) pertemuan balikan dan kemudian dinyatakan kelayakannya untuk diujicobakan. Uji validasi ke-3 dilakukan oleh validator bahasa pada produk yang dikemas dalam bentuk buku, hasil validasi mendapat nilai 43, dengan predikat sangat baik; 3) Asumsi guru terhadap model supervisi akademik berbasis rekan sejawat berdasarkan kuesioner bahwa model supervisi berbasis rekan sejawat dapat di gunakan mencapai tujuan supervisi. Model supervisi berbasis rekan sejawat dapat mendorong keterlibatan guru dalam satu forum diskusi. Selain itu model supervisi ini dianggap dapat meningkatkan motivasi bersama. Saran pada penelitian ini adalah supervisi akademik berbasis rekan sejawat dapat diimplementasikan sebagai model supervisi yang digunakan oleh guru, sehingga pada aspek ketercapaian pada supervisi akademik akan lebih tampak kebermanfaatannya.