ctrlnum 15569
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/15569/</relation><title>Analisis kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas 1 mi salafiyah gondoharum</title><creator>APRILIA, ULFIATUL INKA</creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan membaca permulaan dan faktor penghambat kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas I MI Salafiyah Gondoharum. Hal ini didasarkan pada tingkat kemampuan membaca siswa yang rendah, dan tidak adanya ketertarikan siswa dalam belajar membaca. &#xD; Kajian teoretik yang terdapat dalam penelitian ini membahas mengenai kesulitan membaca permulaan dan faktor penghambat kesulitan membaca permulaan siswa kelas I MI Salafiyah Gondoharum. Dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan siswa kelas I di MI Salafiyah, guru kelas I mempunyai metode khusus untuk membimbing siswanya. Kesulitan membaca permulaan merupakan kesulitan belajar membaca pada anak tingkat sekolah dasar kelas I. &#xD; Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Informan dalam penelitian ini yaitu guru kelas I dan lima siswa kelas I yang teridentifikasi mengalami kesulitan membaca permulaan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. &#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kesulitan membaca permulaan yang siswa kelas I MI Salafiyah Gondoharum alami yaitu kesulitan membedakan huruf yang bentuknya hampir sama, kesulitan membaca gabungan dari huruf konsonan, dan kesulitan membaca satu huruf konsonan dan satu huruf vokal. 2) faktor penghambat kesulitan membaca permulaan terdiri dari faktor internal dan eksternal. Faktor internalnya adalah kecerdasan yang rendah, kesehatan tubuh yang tidak optimal, minat siswa dalam membaca permulaan masih rendah, serta motivasi siswa dalam membaca permulaan juga rendah. Sedangkan faktor eksternalnya adalah faktor lingkungan keluarga yaitu orang tua kurang memperhatikan kegiatan belajar membaca siswa, dan faktor lingkungan masyarakat yaitu kegiatan dalam masyarakat, siswa yang terlalu banyak aktivitas sehingga kegiatan belajar membaca siswa menjadi terbengkalai.</description><date>2021</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/15569/4/HAL%20JUDUL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/15569/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/15569/6/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/15569/5/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/15569/7/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/15569/8/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/15569/1/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/15569/3/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> APRILIA, ULFIATUL INKA (2021) Analisis kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas 1 mi salafiyah gondoharum. Sarjana thesis, UMK. </identifier><recordID>15569</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author APRILIA, ULFIATUL INKA
title Analisis kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas 1 mi salafiyah gondoharum
publishDate 2021
topic Pendidikan (Umum)
Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/15569/4/HAL%20JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/15569/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/15569/6/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/15569/5/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/15569/7/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/15569/8/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/15569/1/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/15569/3/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/15569/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan membaca permulaan dan faktor penghambat kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas I MI Salafiyah Gondoharum. Hal ini didasarkan pada tingkat kemampuan membaca siswa yang rendah, dan tidak adanya ketertarikan siswa dalam belajar membaca. Kajian teoretik yang terdapat dalam penelitian ini membahas mengenai kesulitan membaca permulaan dan faktor penghambat kesulitan membaca permulaan siswa kelas I MI Salafiyah Gondoharum. Dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan siswa kelas I di MI Salafiyah, guru kelas I mempunyai metode khusus untuk membimbing siswanya. Kesulitan membaca permulaan merupakan kesulitan belajar membaca pada anak tingkat sekolah dasar kelas I. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Informan dalam penelitian ini yaitu guru kelas I dan lima siswa kelas I yang teridentifikasi mengalami kesulitan membaca permulaan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kesulitan membaca permulaan yang siswa kelas I MI Salafiyah Gondoharum alami yaitu kesulitan membedakan huruf yang bentuknya hampir sama, kesulitan membaca gabungan dari huruf konsonan, dan kesulitan membaca satu huruf konsonan dan satu huruf vokal. 2) faktor penghambat kesulitan membaca permulaan terdiri dari faktor internal dan eksternal. Faktor internalnya adalah kecerdasan yang rendah, kesehatan tubuh yang tidak optimal, minat siswa dalam membaca permulaan masih rendah, serta motivasi siswa dalam membaca permulaan juga rendah. Sedangkan faktor eksternalnya adalah faktor lingkungan keluarga yaitu orang tua kurang memperhatikan kegiatan belajar membaca siswa, dan faktor lingkungan masyarakat yaitu kegiatan dalam masyarakat, siswa yang terlalu banyak aktivitas sehingga kegiatan belajar membaca siswa menjadi terbengkalai.
id IOS3090.15569
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2023-02-26T07:10:55Z
last_indexed 2023-02-26T07:10:55Z
recordtype dc
_version_ 1765996434531811328
score 17.13294