Analisis kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas 1 mi salafiyah gondoharum
Main Author: | APRILIA, ULFIATUL INKA |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/15569/4/HAL%20JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/15569/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/15569/6/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/15569/5/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/15569/7/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/15569/8/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/15569/1/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/15569/3/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/15569/ |
ctrlnum |
15569 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/15569/</relation><title>Analisis kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas 1 mi salafiyah gondoharum</title><creator>APRILIA, ULFIATUL INKA</creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan membaca permulaan dan faktor penghambat kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas I MI Salafiyah Gondoharum. Hal ini didasarkan pada tingkat kemampuan membaca siswa yang rendah, dan tidak adanya ketertarikan siswa dalam belajar membaca. 
Kajian teoretik yang terdapat dalam penelitian ini membahas mengenai kesulitan membaca permulaan dan faktor penghambat kesulitan membaca permulaan siswa kelas I MI Salafiyah Gondoharum. Dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan siswa kelas I di MI Salafiyah, guru kelas I mempunyai metode khusus untuk membimbing siswanya. Kesulitan membaca permulaan merupakan kesulitan belajar membaca pada anak tingkat sekolah dasar kelas I. 
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Informan dalam penelitian ini yaitu guru kelas I dan lima siswa kelas I yang teridentifikasi mengalami kesulitan membaca permulaan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kesulitan membaca permulaan yang siswa kelas I MI Salafiyah Gondoharum alami yaitu kesulitan membedakan huruf yang bentuknya hampir sama, kesulitan membaca gabungan dari huruf konsonan, dan kesulitan membaca satu huruf konsonan dan satu huruf vokal. 2) faktor penghambat kesulitan membaca permulaan terdiri dari faktor internal dan eksternal. Faktor internalnya adalah kecerdasan yang rendah, kesehatan tubuh yang tidak optimal, minat siswa dalam membaca permulaan masih rendah, serta motivasi siswa dalam membaca permulaan juga rendah. Sedangkan faktor eksternalnya adalah faktor lingkungan keluarga yaitu orang tua kurang memperhatikan kegiatan belajar membaca siswa, dan faktor lingkungan masyarakat yaitu kegiatan dalam masyarakat, siswa yang terlalu banyak aktivitas sehingga kegiatan belajar membaca siswa menjadi terbengkalai.</description><date>2021</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/15569/4/HAL%20JUDUL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/15569/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/15569/6/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/15569/5/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/15569/7/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/15569/8/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/15569/1/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/15569/3/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> APRILIA, ULFIATUL INKA (2021) Analisis kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas 1 mi salafiyah gondoharum. Sarjana thesis, UMK. </identifier><recordID>15569</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
APRILIA, ULFIATUL INKA |
title |
Analisis kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas 1 mi salafiyah gondoharum |
publishDate |
2021 |
topic |
Pendidikan (Umum) Teori dan praktek pendidikan |
url |
http://eprints.umk.ac.id/15569/4/HAL%20JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/15569/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/15569/6/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/15569/5/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/15569/7/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/15569/8/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/15569/1/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/15569/3/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/15569/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan membaca permulaan dan faktor penghambat kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas I MI Salafiyah Gondoharum. Hal ini didasarkan pada tingkat kemampuan membaca siswa yang rendah, dan tidak adanya ketertarikan siswa dalam belajar membaca.
Kajian teoretik yang terdapat dalam penelitian ini membahas mengenai kesulitan membaca permulaan dan faktor penghambat kesulitan membaca permulaan siswa kelas I MI Salafiyah Gondoharum. Dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan siswa kelas I di MI Salafiyah, guru kelas I mempunyai metode khusus untuk membimbing siswanya. Kesulitan membaca permulaan merupakan kesulitan belajar membaca pada anak tingkat sekolah dasar kelas I.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Informan dalam penelitian ini yaitu guru kelas I dan lima siswa kelas I yang teridentifikasi mengalami kesulitan membaca permulaan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kesulitan membaca permulaan yang siswa kelas I MI Salafiyah Gondoharum alami yaitu kesulitan membedakan huruf yang bentuknya hampir sama, kesulitan membaca gabungan dari huruf konsonan, dan kesulitan membaca satu huruf konsonan dan satu huruf vokal. 2) faktor penghambat kesulitan membaca permulaan terdiri dari faktor internal dan eksternal. Faktor internalnya adalah kecerdasan yang rendah, kesehatan tubuh yang tidak optimal, minat siswa dalam membaca permulaan masih rendah, serta motivasi siswa dalam membaca permulaan juga rendah. Sedangkan faktor eksternalnya adalah faktor lingkungan keluarga yaitu orang tua kurang memperhatikan kegiatan belajar membaca siswa, dan faktor lingkungan masyarakat yaitu kegiatan dalam masyarakat, siswa yang terlalu banyak aktivitas sehingga kegiatan belajar membaca siswa menjadi terbengkalai. |
id |
IOS3090.15569 |
institution |
Universitas Muria Kudus |
institution_id |
139 |
institution_type |
library:university library |
library |
UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus |
library_id |
630 |
collection |
Repositori Universitas Muria Kudus |
repository_id |
3090 |
subject_area |
Bahasa Ekonomi Hukum |
city |
KUDUS |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS3090 |
first_indexed |
2023-02-26T07:10:55Z |
last_indexed |
2023-02-26T07:10:55Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765996434531811328 |
score |
17.13294 |