ctrlnum 15528
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/15528/</relation><title>Dampak penggunaan gadget terhadap perilaku sosial anak di desa jekulo kudus</title><creator>SANIYYAH, LATIFATUS</creator><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><subject>Pendidikan dasar</subject><description>Penggunaan gadget dapat menyebabkan kecanduan dan dapat berpengaruh pada perilaku anak. Hal ini dibuktikan dengan adanya anak di desa Jekulo bahwa anak sering menggunakan gadget. Anak mengalami gangguan perilaku sosial seperti sering marah dan tidak memperdulikan lingkungan sekitar. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dampak penggunaan gadget terhadap perilaku sosial anak yang menggunakan gadget. &#xD; Gadget merupakan alat elektronik yang dirancang berukuran kecil, memiliki berbagai aplikasi untuk mempermudah mengakses segala informasi. Penggunaan gadget secara continue akan berdampak positif maupun negatif pada perilaku sosial anak. Perilaku sosial merupakan tindakan yang berkaitan dengan perbuatan manusia yang berhubungan secara langsung dengan nilai sosial dalam lingkungannya. Perilaku sosial anak ini meliputi menghormati orang lain, sikap tolong menolong, perilaku sopan santun, sikap peka dan peduli, serta terima kasih. &#xD; Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini penelitian deskriptif dengan metode penelitian studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di desa Jekulo mulai dari bulan Juni-Juli 2021. Subjek penelitian 6 informan anak dan orang tua. Teknik pengumpulan data berupa catatan observasi, wawancara, dokumentasi dan pencatatan. Instrumen menggunakan pedoman observasi dan wawancara. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. &#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas penggunaan gadget tinggi mencapai 3-6 jam perhari. Aplikasi yang sering dibuka yaitu youtube, tik tok dan game. Penggunaan ini berdampak positif seperti mendapatkan pengetahuan luas, mempermudah komunikasi dan melatih kreativitas anak. Selain itu berdampak negatif diantaranya mata menjadi mudah lelah, jam tidur dan jam belajar berkurang serta gangguan emosional pada anak. Perilaku sosial anak masih menunjukkan baik, menghormati orang lain, tolong menolong, sopan santun, namun dari mereka kurang peka dan peduli terhadap orang disekelilingnya. &#xD; Penelitian ini dapat membantu orang tua untuk lebih mengawasi dan mengontrol penggunaan gadget pada anak serta memperhatikan durasi penggunaan agar jam tidur dan belajar anak tetap baik. Diperlukannya bimbingan dan dorongan orang tua agar lebih meningkatkan kesadaran pada diri anak untuk lebih peka dan peduli dengan sesuatu yang ada disekitarnya.</description><date>2021</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/15528/1/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/15528/5/HAL%20JUDUL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/15528/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/15528/2/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/15528/3/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/15528/4/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/15528/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/15528/6/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> SANIYYAH, LATIFATUS (2021) Dampak penggunaan gadget terhadap perilaku sosial anak di desa jekulo kudus. Sarjana thesis, UMK. </identifier><relation>https://eprints.umk.ac.id</relation><recordID>15528</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author SANIYYAH, LATIFATUS
title Dampak penggunaan gadget terhadap perilaku sosial anak di desa jekulo kudus
publishDate 2021
topic Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan dasar
url http://eprints.umk.ac.id/15528/1/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/15528/5/HAL%20JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/15528/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/15528/2/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/15528/3/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/15528/4/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/15528/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/15528/6/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/15528/
https://eprints.umk.ac.id
contents Penggunaan gadget dapat menyebabkan kecanduan dan dapat berpengaruh pada perilaku anak. Hal ini dibuktikan dengan adanya anak di desa Jekulo bahwa anak sering menggunakan gadget. Anak mengalami gangguan perilaku sosial seperti sering marah dan tidak memperdulikan lingkungan sekitar. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dampak penggunaan gadget terhadap perilaku sosial anak yang menggunakan gadget. Gadget merupakan alat elektronik yang dirancang berukuran kecil, memiliki berbagai aplikasi untuk mempermudah mengakses segala informasi. Penggunaan gadget secara continue akan berdampak positif maupun negatif pada perilaku sosial anak. Perilaku sosial merupakan tindakan yang berkaitan dengan perbuatan manusia yang berhubungan secara langsung dengan nilai sosial dalam lingkungannya. Perilaku sosial anak ini meliputi menghormati orang lain, sikap tolong menolong, perilaku sopan santun, sikap peka dan peduli, serta terima kasih. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini penelitian deskriptif dengan metode penelitian studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di desa Jekulo mulai dari bulan Juni-Juli 2021. Subjek penelitian 6 informan anak dan orang tua. Teknik pengumpulan data berupa catatan observasi, wawancara, dokumentasi dan pencatatan. Instrumen menggunakan pedoman observasi dan wawancara. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas penggunaan gadget tinggi mencapai 3-6 jam perhari. Aplikasi yang sering dibuka yaitu youtube, tik tok dan game. Penggunaan ini berdampak positif seperti mendapatkan pengetahuan luas, mempermudah komunikasi dan melatih kreativitas anak. Selain itu berdampak negatif diantaranya mata menjadi mudah lelah, jam tidur dan jam belajar berkurang serta gangguan emosional pada anak. Perilaku sosial anak masih menunjukkan baik, menghormati orang lain, tolong menolong, sopan santun, namun dari mereka kurang peka dan peduli terhadap orang disekelilingnya. Penelitian ini dapat membantu orang tua untuk lebih mengawasi dan mengontrol penggunaan gadget pada anak serta memperhatikan durasi penggunaan agar jam tidur dan belajar anak tetap baik. Diperlukannya bimbingan dan dorongan orang tua agar lebih meningkatkan kesadaran pada diri anak untuk lebih peka dan peduli dengan sesuatu yang ada disekitarnya.
id IOS3090.15528
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2023-02-26T07:10:55Z
last_indexed 2023-02-26T07:10:55Z
recordtype dc
_version_ 1765996434408079360
score 17.13294