Daftar Isi:
  • Platform online bisa menjadi sarana pembelajaran. Belajar bahasa Inggris merupakan hal yang penting bagi mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Platform online sebagai fasilitator bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa semester V Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muria Kudus terhadap penggunaan platform online dalam Pembelajaran Bahasa Inggris dan untuk mengetahui jenis media sosial apa saja yang dilakukan oleh mahasiswa semester IV Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muria Kudus. untuk belajar Bahasa Inggris. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif. Pesertanya adalah 30 mahasiswa semester IV Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muria Kudus. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan kuesioner. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan skor, persentase dan deskripsi analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial memiliki persepsi yang baik bagi mahasiswa semester IV Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muria Kudus. Media sosial menyediakan sumber daya yang kaya untuk belajar bahasa Inggris. Hal ini menunjukkan bahwa media sosial memiliki kontribusi positif untuk pembelajaran bahasa Inggris. Mereka adalah keterampilan mendengarkan, berbicara, menulis, membaca. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial yang digunakan siswa adalah YouTube, Instagram, WhatsApp, Zoom, SUNAN. Oleh karena itu, peneliti berharap media sosial dapat diterapkan agar siswa dapat menggunakan Media Sosial sebagai sarana belajar secara efisien. Diharapkan para dosen dapat menerapkan media sosial sebagai sarana belajar bahasa Inggris. Hal ini sangat mengembangkan kemampuan bahasa Inggris siswa. Penelitian lebih lanjut diharapkan dapat mengeksplorasi aspek lain dari penggunaan media sosial dalam pembelajaran bahasa Inggris