Daftar Isi:
  • Sekolah dari Rumah (SFH) baru-baru ini diterapkan di semua jenjang pendidikan. Karena di masa pandemi Covid-19 ini orang tidak bisa berkumpul atau bertemu langsung, begitu juga dengan guru dan siswa. Khususnya di MA NU Raudlatus Shibyan Bae Kudus. Semua siswa dan guru membutuhkan alat untuk menjembatani proses belajar mengajar berjalan dengan baik. Ini dapat menggunakan platform grup WhatsApp untuk mengakses pembelajaran. Karena penggunaannya yang praktis, fitur-fitur WhatsApp dilengkapi untuk mendukung proses belajar mengajar. Jadi, semua guru dan siswa menggunakan platform ini.. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa MA NU Raudlatus Shibyan Bae Kudus pada Grup WhatsApp sebagai platform pengajaran bahasa Inggris di masa pandemi Covid – 19. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pesertanya adalah 20 siswa sebelas kelas sosial MA NU Raudlatus Shibyan Bae Kudus. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan kuesioner dan wawancara. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan skor, persentase serta wawancara dan deskripsi analisis. Dari hasil penelitian ini persepsi mahasiswa MA NU Raudlatus Shibyan Bae Kudus terhadap WhatsApp Group sebagai platform pengajaran bahasa Inggris di masa pandemi Covid-19 adalah persepsi positif. Oleh karena itu dari hasil penelitian peneliti mengetahui bahwa platform WhatsApp banyak memberikan manfaat bagi siswa maupun guru untuk mempermudah dalam proses belajar mengajar bahasa Inggris. Peneliti berharap, siswa dan guru dapat menggunakan platform WhatsApp untuk memfasilitasi pembelajaran bahasa Inggris secara efisien. Kemudian, menggunakan grup WhatsApp secara maksimal siswa mendapatkan pengembangan keterampilan bahasa Inggris siswa, Menulis, membaca, berbicara dan mendengarkan.