Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi beberapa anak di Desa Sidigede masih kurang mandiri dalam menyelesaikan tugas di masa pandemi Covid-19 ini. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan kemandirian belajar daring melalui aplikasi whatsapp siswa SD di Desa Sidigede Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara di masa pandemi Covid-19, (2) Mendeskripsikan peran orang tua untuk mengatasi belajar anak di Desa Sidigede Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara di masa pandemi Covid-19. Hal ini dibuktikan dengan wawancara awal dengan salah seorang siswa dan guru bahwa dalam mengerjakan tugas di masa pandemi Covid-19 ini siswa masih bergantung kepada orang lain. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan analisis secara deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Sidigede Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara. Objek yang akan diteliti adalah kemandirian belajar daring melalui aplikasi whatsapp siswa sekolah dasar di Desa Sidigede Kecamatan Kabupaten Jepara pada masa pandemi Covid-19. Adapun sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru, siswa sekolah dasar di Desa Sidigede, dan orang tua siswa. Sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini didapatkan melalui dokumentasi, buku referensi, artikel, catatan penelitian serta data pendukung lainnya. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi, dan pencatatan. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan siswa di Desa Sidigede Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara diketahui masih rendah dalam kemandirian belajarnya ini menunjukkan bahwa para siswa belum cukup siap untuk belajar secara daring, penyebabnya adalah karena kebiasaan belajar. Peran oang tua dalam mengatasi belajar anak yaitu dengan memberikan bimbingan dan menggunakan jasa guru les pribadi untuk anaknya. Hal tersebut dilakukan agar anaknya dapat memahami pembelajaran selama pandemi. Penelitian ini hendaknya orang tua untuk membiasakan belajar mandiri, tidak selalu bergantung pada orang lain, percaya diri, dan bertanggung jawab. Apabila kebiasaan tersebut dilakukan, maka kemandirian belajar yang baik akan tertanam pada diri siswa.