ctrlnum 15427
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/15427/</relation><title>penerapan pendekatan concrete pictorial abstract (cpa) berbantuan media jarkuba apk terhadap koneksi matematis siswa kelas v sd 3 mayahan</title><creator>FALENTINA IMELDA, IFANA</creator><subject>Ekonomi sebagai ilmu. Hubunugan dengan subjek lain</subject><subject>Teori Ekonomi</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan rendahnya koneks matematis siswa pada materi jaring-jaring bangun ruang sederhana balok dan kubus. Rendahnya koneksi matematis siswa ini terlihat dari rata-rata koneksi matematis siswa yang hanya 53,41. Sehubung dengan pernasalahan tersebut, Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menguji rata-rata kemampuan koneksi matematis siswa (2) Menguji kemampuan koneksi matematis siswa dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), (3) Menguji apakah pengaruh aktivitas siswa dalam menggunakan pendekatan CPA berbantuan media Jarkuba Apk terhadap kemampuan koneksi matematis siswa.&#xD; Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain pretest posttest group design. Penelitian mengambil satu sampel dari SD 3 Mayahan. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan koneksi matematis, sedangkan variabel bebasnya adalah pendekatan Concrete Pictorial Abstract (CPA) berbantuan media pembelajaran Jarkuba Apk. Penelitian ini dilaksanakan selama enam kali pertemuan dengan teknik pengumpulan data analisis kuantitatif berupa tes koneksi matematis siswa. Analisis data akhir meliputi uji normalitas, uji hipotesis penelitian yang terdiri dari uji perbandingan rata-rata, uji ketuntasan belajar, dan analisis aktivitas belajar siswa dengan menggunakan pendekatan Concrete Pictorial Abstract (CPA) berbantuan media jarkuba Apk.&#xD; Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil penerapan pendekatan CPA berbantuan media Jarkuba Apk terhadap koneksi matematis siswa dapat mencapai KKM 74 % dari jumlah siswa. Pembelajaran yang digunakan memiliki perbedaan yang signifikan terhadap koneksi matematis siswa. adanya perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest dari hasil uji t diperoleh Sig = 0,000 &lt; 0,05, sehingga Ha diterima. Hal tersebut berarti terdapat perbedaan rata-rata koneksi matematis siswa sebelum dan sesudah penerapan pendekatan Concrete Pictorial Abstract (CPA) berbantuan media Jarkuba Apk. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa aktivitas belajar berpengaruh terhadap koneksi matematis siswa sebesar 50,7%.</description><date>2021</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/15427/5/Hal.%20Judul.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/15427/7/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/15427/8/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/15427/1/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/15427/2/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/15427/3/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/15427/4/Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/15427/6/Lampiran.pdf</identifier><identifier> FALENTINA IMELDA, IFANA (2021) penerapan pendekatan concrete pictorial abstract (cpa) berbantuan media jarkuba apk terhadap koneksi matematis siswa kelas v sd 3 mayahan. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS. </identifier><recordID>15427</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author FALENTINA IMELDA, IFANA
title penerapan pendekatan concrete pictorial abstract (cpa) berbantuan media jarkuba apk terhadap koneksi matematis siswa kelas v sd 3 mayahan
publishDate 2021
topic Ekonomi sebagai ilmu. Hubunugan dengan subjek lain
Teori Ekonomi
url http://eprints.umk.ac.id/15427/5/Hal.%20Judul.pdf
http://eprints.umk.ac.id/15427/7/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/15427/8/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/15427/1/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/15427/2/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/15427/3/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/15427/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://eprints.umk.ac.id/15427/6/Lampiran.pdf
http://eprints.umk.ac.id/15427/
contents Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan rendahnya koneks matematis siswa pada materi jaring-jaring bangun ruang sederhana balok dan kubus. Rendahnya koneksi matematis siswa ini terlihat dari rata-rata koneksi matematis siswa yang hanya 53,41. Sehubung dengan pernasalahan tersebut, Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menguji rata-rata kemampuan koneksi matematis siswa (2) Menguji kemampuan koneksi matematis siswa dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), (3) Menguji apakah pengaruh aktivitas siswa dalam menggunakan pendekatan CPA berbantuan media Jarkuba Apk terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain pretest posttest group design. Penelitian mengambil satu sampel dari SD 3 Mayahan. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan koneksi matematis, sedangkan variabel bebasnya adalah pendekatan Concrete Pictorial Abstract (CPA) berbantuan media pembelajaran Jarkuba Apk. Penelitian ini dilaksanakan selama enam kali pertemuan dengan teknik pengumpulan data analisis kuantitatif berupa tes koneksi matematis siswa. Analisis data akhir meliputi uji normalitas, uji hipotesis penelitian yang terdiri dari uji perbandingan rata-rata, uji ketuntasan belajar, dan analisis aktivitas belajar siswa dengan menggunakan pendekatan Concrete Pictorial Abstract (CPA) berbantuan media jarkuba Apk. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil penerapan pendekatan CPA berbantuan media Jarkuba Apk terhadap koneksi matematis siswa dapat mencapai KKM 74 % dari jumlah siswa. Pembelajaran yang digunakan memiliki perbedaan yang signifikan terhadap koneksi matematis siswa. adanya perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest dari hasil uji t diperoleh Sig = 0,000 < 0,05, sehingga Ha diterima. Hal tersebut berarti terdapat perbedaan rata-rata koneksi matematis siswa sebelum dan sesudah penerapan pendekatan Concrete Pictorial Abstract (CPA) berbantuan media Jarkuba Apk. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa aktivitas belajar berpengaruh terhadap koneksi matematis siswa sebesar 50,7%.
id IOS3090.15427
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2023-02-26T07:10:52Z
last_indexed 2023-02-26T07:10:52Z
recordtype dc
_version_ 1765996433774739456
score 17.13294