Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan instrumen penilaian yang dilaksanakan di kelas IV SD, (2) menganalisis kebutuhan instrumen penilaian di kelas IV SD, (3) mengembangkan instrumen penilaian berbasis HOTS untuk mengukur kemampuan berpikir analitis dan kreatif siswa kelas IV SD (4) menganalisis keefektifan instrumen penilaian berbasis HOTS untuk mengukur kemampuan berpikir analitis dan kreatif siswa kelas IV SD. Pengembangan instrumen penilaian berbasis HOTS mengadopsi model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel & Semmel meliputi tahap Define, Design, Development, dan Disseminate. Desain uji coba produk terdiri dari validasi produk dan uji coba instrumen tes. Subjek uji coba penelitian meliputi 3 guru dan 30 siswa kelas IV SD di dabin 3 Kecamatan Jepara. Produk diimplementasikan pada 75 siswa kelas IV SD. Implementasi produk dilakukan untuk menganalisis tingkat kemampuan HOTS siswa kelas IV. Analisis Data kualitas produk menggunakan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda.sementara analisis data kelayakan dan kemampuan berfikir siswa menggunakan analisis kriteria penilaian ideal. Hasil penelitian menunjukkan karakteristik instrumen tes yang dikembangkan terdiri dari 30 butir soal uraian tema 2 “selalu berhemat energi” subtema 1 “sumber energi”. Instrumen tes yang dikembangkan memperoleh nilai kevalidan 0,80 dengan kategori tinggi untuk validitas isi, validitas butir rhitung > rtabel (0,378) terdapat 24 soal yang valid, reliabilitas tes 0,78 dengan kriteria tinggi dan tingkat kesukaran 0.66 dengan kategori sedang. Hasil analisis tinjauan reviewer, instrumen tes yang dikembangkan memperoleh respon positif dengan nilai 86 % dikategorikan sangat layak, sehingga instrumen penilaian berbasis HOTS layak digunakan sebagai evaluasi pembelajaran kelas 4 pada tema 2 selalu berhemat energi subtema 1 sumber energi. Kesimpulan dari penelitian yaitu pengembangan instrumen penilaian berbasis High Order Thinking Skill (HOTS) diperlukan oleh guru dalam melaksanakan proses penilaian pembelajaran untuk melatih dan mengukur kemampuan berpikir siswa.