ctrlnum 15336
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/15336/</relation><title>Pengembangan lembar kerja siswa (lks) tema 7 untuk meningkatkan keterampilan sosial dan&#xD; Berpikir rasional siswa kelas iv sd</title><creator>PUTRI, NENENG SETYA</creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui analisis kebutuhan dalam pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) tema 7 untuk meningkatkan keterampilan sosial dan berpikir rasional siswa kelas IV SD di Kecamatan Gebog, (2) mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) tema 7 untuk meningkatkan keterampilan sosial dan berpikir rasional siswa kelas IV SD di Kecamatan Gebog, (3) mengetahui kelayakan pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) tema 7 untuk meningkatkan keterampilan sosial dan berpikir rasional siswa kelas IV SD di Kecamatan Gebog.&#xD; Lembar Kerja Siswa (LKS) merupakan bahan ajar berupa lembaran-lembaran yang berisi ringkasan materi, tugas, dan petunjuk atau langkah-langkah yang harus dikerjakan siswa untuk menyelesaikan tugas. Keterampilan sosial merupakan keterampilan dasar yang harus dimiliki seseorang untuk berinteraksi dengan orang lain sehingga dapat menyesuaikan diri terhadap lingkungan sekitar. Keterampilan berpikir rasional merupakan kemampuan individu dalam menyelesaikan masalah melalui berbagai proses mulai dari menemukan masalah hingga mencari solusi.&#xD; Penelitian ini menggunakan pendekatan Research &amp; Development (R&amp;D). Prosedur penelitian yang digunakan terdiri dari potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validitas desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Lembar Kerja Siswa (LKS) akan diuji cobakan pada guru dan siswa kelas IV SD di Kecamatan Gebog. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif.&#xD; Proses pengembangan LKS terdiri dari 3 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap perencanaan dilakukan untuk menganalisis komponen LKS. Tahap pelaksanaan yaitu penyusunan LKS berbasis keterampilan sosial dan berpikir rasional yang selanjutnya divalidasi oleh ahli materi dan ahli desain. Tahap evaluasi terdiri dari tes unjuk kerja dan tes pengetahuan yang digunakan untuk mengetahui peningkatan keterampilan sosial dan berpikir rasional.&#xD; Hasil uji coba produk melalui angket respon guru memperoleh tingkat pencapaian terendah 81,67% dan tertinggi 93,3%. Hasil uji coba produk melalui angket respon siswa memperoleh tingkat pencapaian terendah 81,25% dan tertinggi 97,5%. Hasil tersebut menunjukkan kualifikasi sangat baik sehingga LKS layak digunakan.</description><date>2021</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/15336/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/15336/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/15336/4/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/15336/6/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/15336/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/15336/7/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/15336/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/15336/3/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> PUTRI, NENENG SETYA (2021) Pengembangan lembar kerja siswa (lks) tema 7 untuk meningkatkan keterampilan sosial dan Berpikir rasional siswa kelas iv sd. Sarjana thesis, UMK. </identifier><recordID>15336</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author PUTRI, NENENG SETYA
title Pengembangan lembar kerja siswa (lks) tema 7 untuk meningkatkan keterampilan sosial dan Berpikir rasional siswa kelas iv sd
publishDate 2021
topic Pendidikan (Umum)
Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/15336/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/15336/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/15336/4/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/15336/6/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/15336/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/15336/7/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/15336/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/15336/3/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/15336/
contents Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui analisis kebutuhan dalam pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) tema 7 untuk meningkatkan keterampilan sosial dan berpikir rasional siswa kelas IV SD di Kecamatan Gebog, (2) mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) tema 7 untuk meningkatkan keterampilan sosial dan berpikir rasional siswa kelas IV SD di Kecamatan Gebog, (3) mengetahui kelayakan pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) tema 7 untuk meningkatkan keterampilan sosial dan berpikir rasional siswa kelas IV SD di Kecamatan Gebog. Lembar Kerja Siswa (LKS) merupakan bahan ajar berupa lembaran-lembaran yang berisi ringkasan materi, tugas, dan petunjuk atau langkah-langkah yang harus dikerjakan siswa untuk menyelesaikan tugas. Keterampilan sosial merupakan keterampilan dasar yang harus dimiliki seseorang untuk berinteraksi dengan orang lain sehingga dapat menyesuaikan diri terhadap lingkungan sekitar. Keterampilan berpikir rasional merupakan kemampuan individu dalam menyelesaikan masalah melalui berbagai proses mulai dari menemukan masalah hingga mencari solusi. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research & Development (R&D). Prosedur penelitian yang digunakan terdiri dari potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validitas desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Lembar Kerja Siswa (LKS) akan diuji cobakan pada guru dan siswa kelas IV SD di Kecamatan Gebog. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Proses pengembangan LKS terdiri dari 3 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap perencanaan dilakukan untuk menganalisis komponen LKS. Tahap pelaksanaan yaitu penyusunan LKS berbasis keterampilan sosial dan berpikir rasional yang selanjutnya divalidasi oleh ahli materi dan ahli desain. Tahap evaluasi terdiri dari tes unjuk kerja dan tes pengetahuan yang digunakan untuk mengetahui peningkatan keterampilan sosial dan berpikir rasional. Hasil uji coba produk melalui angket respon guru memperoleh tingkat pencapaian terendah 81,67% dan tertinggi 93,3%. Hasil uji coba produk melalui angket respon siswa memperoleh tingkat pencapaian terendah 81,25% dan tertinggi 97,5%. Hasil tersebut menunjukkan kualifikasi sangat baik sehingga LKS layak digunakan.
id IOS3090.15336
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2023-02-26T07:10:50Z
last_indexed 2023-02-26T07:10:50Z
recordtype dc
_version_ 1765996433203265536
score 17.13294