Daftar Isi:
  • Dalam motivasi belajar anak yang diberikan orang tua ternyata masih terdapat orang tua yang kurang maksimal dalam melakukan perannya yang juga dikarenakan faktor kesulitan orang tua. Sehingga dapat memengaruhi kurangnya motivasi belajar sang anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Anak di Desa Wonorejo Jepara. 2) Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kesulitan orangtua dalam membimbing anak. Penelitian kualitatif deskriptif ini dilaksanakan di Desa Wonorejo Jepara dengan subjek penelitian 12 orang tua dan anak. Sumber data yang digunakan ialah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, serta dokumentasi. Analisis data yang digunakan ialah mereduksi data, memaparkan data, serta membuat kesimpulan. Hasil penelitian yang telah peneliti lakukan bahwa Peran Orang Tua dalam Memotivasi Belajar Anak Sekolah Dasar di Desa Wonorejo Jepara termasuk kategori cukup maksimal. Orang tua masih kesulitan dalam membimbing belajar anak serta kurang dalam memberikan dorongan kepada anak meskipun orang tua telah berusaha dengan baik, hal itu terjadi karena faktor latar belakang pendidikan orang tua dan ketersediaan waktu yang mempengaruhi. Penelitian ini hendaknya orang tua bisa lebih memahami anak. Dengan adanya peran orang tua tentunya itu dibutuhkan agar dapat mendorong anak menjadi lebih semangat ketika sedang dalam proses belajar, karena dengan begitu timbulnya sebuah dorongan motivasi pada anak akan lebih membuat anak menjadi termotivasi dan juga diri anak akan tersentuh karena kasih sayang orang tua kepada anak selalu ada.