Penggunaan gawai pada pembelajaran daring terhadap motivasi belajar anak di desa talun
Main Author: | LUTVIANA, LIA |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/15300/4/Hal.%20Judul.pdf http://eprints.umk.ac.id/15300/4/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/15300/2/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/15300/5/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/15300/1/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/15300/1/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/15300/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://eprints.umk.ac.id/15300/ |
Daftar Isi:
- Pembelajaran daring menggunakan gawai berupa handphone menjadikan kondisi motivasi belajar anak perlu untuk diperhatikan, karena motivasi belajar yang rendah menjadi ancaman gagalnya tujuan pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini untukmendeskripsikan penggunaan aplikasi gawai pada anak di Desa Talun dalam pembelajaran daring,dan mendeskripsikan motivasi belajar anak di Desa Talun dalam pembelajaran daring menggunakan gawai. Gawai adalah sebuah alat komunikasi yang praktis dibawa kemana saja dengan jaringan luas tanpa menggunakan kabel untuk membantu aktivitas manusia. Pembelajaran daring adalah proses belajar mengajar dalam jaringan (online) menggunakan jaringan internet melalui gawai dengan tidak bertatap muka secara langsung. Motivasi belajar adalah suatu dorongan dari dalam dan dari luar diri seseorang untuk tetap belajar sehingga seorang anak terkhusus peserta didik Sekolah Dasar (SD) memperoleh hasil belajar yang maksimal atas dorongan (motivasi) yang tinggi tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Talun Kecamatan Kayen Kabupaten Pati dengan subjek penelitian 9 anak usia SD, 9 orang tua anak usia SD dan 3 guru kelas SDN Talun 01. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan aplikasi gawai berupa WhatsApp dan Google Classroom sangat berperan dalam pembelajaran daring dan motivasi belajar anak dalam pembelajaran daring dipengaruhi oleh pembatasan penggunaan gawai yang disertai pengawasan dari orang tua. Penelitian ini hendaknya orang tua dan pendampingan dalam menggunakan gawai pada anak ketika belajar daring sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar anak untuk dijadikan kebiasaan dan pembentukan karakter anak.