Analisis peningkatan kinerja guru pada era new normal melalui supervisi akademik, kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja guru di sd negeri uptd dikbud kecamatan wonosalam

Main Author: MUSTATIKATUN, SITI
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://eprints.umk.ac.id/15225/1/HAL.%20JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/15225/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/15225/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/15225/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/15225/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/15225/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/15225/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/15225/8/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/15225/
Daftar Isi:
  • Penelitian bertujuan : 1) mengetahui dan menjelaskan hubungan supervisi akademik terhadap peningkatan kinerja guru, 2) hubungan kepemimpinan kepala sekolah terhadap peningkatan kinerja guru (3) hubungan motivasi guru terhadap peningkatan kinerja guru dan (4) hubungan supervisi akademik, kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja guru terhadap peningkatan kinerja guru pada era new normal di Sekolah Dasar Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah guru dan ekapal sekolah di SD Negeri di lingkungan bidang pendidikan wilayah Kecamatan Wonosalam yang terdiri dari 40 sekolah dengan jumlah 420 guru, sedangkan sampel penelitian diambil dengan menggunakan proporsional random sampling sehingga jumlah sampelnya adalah 205 guru. Jumlah instrument yang digunakan terdiri dari 40 item pertanyaan mencakup semua variabel penelitian. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu kuesioner. Uji kelayakan instrument menggunakan uji validitas dan realibilitas. Teknik analisa data menggunakan uji korelasi sederhana dan uji korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) terdapat hubungan supervisi akademik terhadap peningkatan kinerja guru dengan nilai r hitung sebesar 0,752 yang tergolong dalam kategori kuat, 2) terdapat hubungan kepemimpinan kepala sekolah terhadap peningkatan kinerja guru dengan nilai r hitung sebesar 0,524 yang tergolong dalam kategori sedang (3) terdapat hubungan motivasi guru terhadap peningkatan kinerja guru dengan nilai r hitung sebesar 0,812 yang merupakan kategori sangat kuat dan (4) terdapat hubungan supervisi akademik, kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja guru terhadap peningkatan kinerja guru pada era new normal di Sekolah Dasar Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak secara bersama-sama memberikan pengaruh 45,2 % sedangkan 54,8 % ditentukan oleh variabel lain.