Pengaruh pendekatan pembelajaran self regulated learning ( srl ) dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika materi bangun ruang di sekolah dasar
Main Author: | Sumarwoto, Sumarwoto |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/15219/2/HAL%20JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/15219/1/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/15219/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/15219/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/15219/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/15219/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/15219/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/15219/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/15219/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah 1)Menganalisis perbedaan pengaruh penggunaan pendekatan pembelajaran Self Regulated Learning (SRL) terhadap prestasi belajar matematika materi bangun runag pada siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Pulokulon, Grobogan, 2) Menganalisis perbedaan pengaruh motivasi belajar tinggi dengan motivasi belajar rendah terhadap prestasi belajar pada siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Pulokulon, Grobogan, 3) Menganalisis perbedaan pendekatan pembelajaran Self Regulated Learning (SRL) pada kelas eksperimen dan kelas control terhadap prestasi belajar belajar matematika materi bangun ruang di Sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan design ekperimen research. Data diperoleh melalui penyebaran angket, wawancara, serta memberikan soal test. Data hasil wawancara angket dan pemberian test dianalisis dengan teknik analisis data kuantitatif dengan menguji hipotesis dengan pengolahan data menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran Self Regulated Learning (SRL) berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika materi bangun ruang pada siswa kelas Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Pulokulon sebesar 45,6% dengan nilai thitung 6,339 > ttable 2,010. Artinya semakin efektif pelaksanaan pembelajaran Self Regulated Learning (SRL) maka semakin baik prestasi belajar siswa. Motivasi belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika materi bangun ruang pada siswa kelas Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Pulokulon sebesar 45,4% dengan nilai thitung 6,315 > ttable 2,010. Artinya semakin tinggi motivasi belajar maka semakin baik prestasi belajar. Pembelajaran Self Regulated Learning (SRL) dan motivasi belajar secara simultan atau bersama-sama mempunyai pengaruh yang berarti terhadap prestasi belajar matematika materi bangun ruang pada siswa kelas Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Pulokulon dengan nilai Fhitung 22,298 > Ftabel 3,19. Variabel pembelajaran Self Regulated Learning (SRL) dan motivasi belajar mampu menjelaskan variasi prestasi belajar sebesar 48,7% sedangkan sisanya 51,3% dijelaskan oleh variabel di luar penelitian ini. Dari hasil penelitian, terdapat pengaruh pembelajaran Self Regulated Learning (SRL) dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Bagi guru hendaknya lebih mengoptimalkan model-model pembelajaran yang ada, selain itu guru juga perlu membangkitkan minat dan motivasi siswa. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat meneliti faktor-faktor lain uang mempengaruhi prestasi belajar siswa sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai.