Pengembangan video tutorial pembelajaran bahasa indonesia bermuatan nilai-nilai antikekerasan verbal untuk siswa kelas vii pada semester genap di era pandemi
Main Author: | NAFISA, DUROTUN |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/15177/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/15177/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/15177/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/15177/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/15177/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/15177/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/15177/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/15177/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/15177/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui media pembelajaran yang dibutuhkan untuk menunjang pembelajaran siswa kelas VII pada semester genap di era pandemi. 2) Tersusunnya video tutorial pembelajaran Bahasa Indonesia dengan materi-materi yang bermuatan nilai-nilai anti kekerasan verbal untuk siswa SMP kelas VII pada semester genap. 3) Mengetahui kualitas produk video tutorial pembelajaran Bahasa Indonesia bermuatan nilai-nilai anti kekerasan verbal sebagai media pembelajaran yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan penelitian Research and developmant (R&D). Model penelitian R&D mengacu pada teori Sukmadinata. Penelitian pengembangan ini memiliki tiga tahapan, yaitu: (1) Studi pendahuluan, (2) Pengembangan produk, dan (3) Pengujian produk. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif kuantitatif yaitu suatu cara untuk mengetahui informasi dengan menganalisis data kuantitatif yang diperoleh dari angket uji ahli dan uji lapangan. Data kuantitatif yang berupa angka-angka hasil dari perhitungan atau pengukuran diproses dengan cara dijumlah kemudian dibandingkan dengan jumlah yang diharapkan sehingga dapat ditemukan persentase kualitas sebuah produk. Hasil penilaian kualitas media pembelajaran video tutorial Bahasa Indonesia bermuatan nilai-nilai anti kekerasan verbal untuk siswa kelas VII pada semester genap di era pandemi ini, untuk hasil validasi ahli materi memperoleh skor penilaian 54 dengan persentase 75% masuk dalam kategori layak. Sedangkan, pada hasil validasi ahli media memperoleh skor penilaian 85 dengan persentase 81,7% masuk dalam kategori sangat layak. Berdasarkan hasil penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa video tutorial Bahasa Indonesia bermuatan nilai-niai anti kekerasan verbal ini berkualitas dan layak untuk digunakan dan dikembangkan.