ctrlnum 14992
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/14992/</relation><title>Pengembangan bahan ajar matematika e-modul interaktif berbasis android untuk meningkatkan pemahaman konsep lingkaran kelas vi &#xD; Sekolah dasar di kabupaten demak</title><creator>MUROD, MAKMUN</creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><subject>Buku-buku acuan</subject><description>Penelitian pengembangan ini bertujuan: (1) menganalisis kebutuhan pengembangan bahan ajar Matematika e-modul interaktif berbasis android untuk meningkatkan pemahaman konsep lingkaran kelas VI Sekolah Dasar di Kabupaten Demak, (2) menyusun desain pengembangan bahan ajar Matematika e-modul interaktif berbasis android untuk meningkatkan pemahaman konsep lingkaran kelas VI Sekolah Dasar di Kabupaten Demak; (3) menghasilkan e-modul interaktif berbasis android yang efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep lingkaran kelas VI Sekolah Dasar di Kabupaten Demak.&#xD; Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Prosedur penelitian dan pengembangan mengacu pada model pengembangan Borg &amp; Gall. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, dan tes. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. &#xD; Hasil penelitian ini: 1) analisis kebutuhan guru dan siswa terhadap pengembangan bahan ajar Matematika e-modul interaktif berbasis android menunjukkan bahwa guru dan siswa membutuhkan adanya pengembangan bahan ajar berupa e-modul interaktif berbasis android untuk meningkatkan pemahaman konsep lingkaran kelas VI Sekolah Dasar, 2) desain pengembangan bahan ajar Metematika e-modul interaktif berbasis android diawali dengan perencanaan, proses, dan evaluasi; yang menghasilkan produk e-Modul Interaktif Lingkaran disingkat dengan e-MIL untuk meningkatkan pemahaman konsep lingkaran kelas VI Sekolah Dasar, 3) produk bahan ajar Matematika e-modul interaktif berbasis android cukup efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep lingkaran kelas VI Sekolah Dasar, dengan bukti hasil uji t pada uji terbatas diperoleh nilai t-hitung sebesar 6,340 dan t-tabel 2,0017 maka t-hitung &gt; t-tabel (6,340 &gt; 2,0017); dan uji coba secara luas diperoleh nilai t-hitung sebesar 30,926 sedangkan t-tabel sebesar 1,9765; maka t-hitung &gt; t-tabel (30,926 &gt; 1,9765). Nilai N-gain persen sebesar 54,16 pada uji terbatas dan 66,75 pada uji skala luas dalam katagori cukup efektif, sehingga e-modul interaktif berbasis android cukup efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep lingkaran pada kelas VI Sekolah Dasar di abupaten Demak.</description><date>2021</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/14992/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/14992/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/14992/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/14992/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/14992/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/14992/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/14992/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/14992/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> MUROD, MAKMUN (2021) Pengembangan bahan ajar matematika e-modul interaktif berbasis android untuk meningkatkan pemahaman konsep lingkaran kelas vi Sekolah dasar di kabupaten demak. Sarjana thesis, UMK. </identifier><relation>https://eprints.umk.ac.id</relation><recordID>14992</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author MUROD, MAKMUN
title Pengembangan bahan ajar matematika e-modul interaktif berbasis android untuk meningkatkan pemahaman konsep lingkaran kelas vi Sekolah dasar di kabupaten demak
publishDate 2021
topic Pendidikan (Umum)
Teori dan praktek pendidikan
Buku-buku acuan
url http://eprints.umk.ac.id/14992/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14992/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14992/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14992/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14992/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14992/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14992/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14992/8/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14992/
https://eprints.umk.ac.id
contents Penelitian pengembangan ini bertujuan: (1) menganalisis kebutuhan pengembangan bahan ajar Matematika e-modul interaktif berbasis android untuk meningkatkan pemahaman konsep lingkaran kelas VI Sekolah Dasar di Kabupaten Demak, (2) menyusun desain pengembangan bahan ajar Matematika e-modul interaktif berbasis android untuk meningkatkan pemahaman konsep lingkaran kelas VI Sekolah Dasar di Kabupaten Demak; (3) menghasilkan e-modul interaktif berbasis android yang efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep lingkaran kelas VI Sekolah Dasar di Kabupaten Demak. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Prosedur penelitian dan pengembangan mengacu pada model pengembangan Borg & Gall. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, dan tes. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini: 1) analisis kebutuhan guru dan siswa terhadap pengembangan bahan ajar Matematika e-modul interaktif berbasis android menunjukkan bahwa guru dan siswa membutuhkan adanya pengembangan bahan ajar berupa e-modul interaktif berbasis android untuk meningkatkan pemahaman konsep lingkaran kelas VI Sekolah Dasar, 2) desain pengembangan bahan ajar Metematika e-modul interaktif berbasis android diawali dengan perencanaan, proses, dan evaluasi; yang menghasilkan produk e-Modul Interaktif Lingkaran disingkat dengan e-MIL untuk meningkatkan pemahaman konsep lingkaran kelas VI Sekolah Dasar, 3) produk bahan ajar Matematika e-modul interaktif berbasis android cukup efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep lingkaran kelas VI Sekolah Dasar, dengan bukti hasil uji t pada uji terbatas diperoleh nilai t-hitung sebesar 6,340 dan t-tabel 2,0017 maka t-hitung > t-tabel (6,340 > 2,0017); dan uji coba secara luas diperoleh nilai t-hitung sebesar 30,926 sedangkan t-tabel sebesar 1,9765; maka t-hitung > t-tabel (30,926 > 1,9765). Nilai N-gain persen sebesar 54,16 pada uji terbatas dan 66,75 pada uji skala luas dalam katagori cukup efektif, sehingga e-modul interaktif berbasis android cukup efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep lingkaran pada kelas VI Sekolah Dasar di abupaten Demak.
id IOS3090.14992
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2023-02-26T07:10:42Z
last_indexed 2023-02-26T07:10:42Z
recordtype dc
_version_ 1765996431251865600
score 17.13294