Penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran di rumah pada masa pandemi covid 19 bagi siswa sd negeri rejosari 1 karangawen
Main Author: | GUNTORO, GUNTORO |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/14982/1/Hal.Judul.pdf http://eprints.umk.ac.id/14982/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/14982/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/14982/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/14982/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/14982/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/14982/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/14982/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/14982/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya pandemi covid 19 terhadap proses belajar siswa terutama dalam Penguatan pendidikan karakter di SD Negeri Rejosari 1 Karangawen Kabupaten Demak Propinsi Jawa Tengah. Tujuannya ialah: (1) Untuk mendeskripsikan pola Pendidikan Karakter di rumah pada masa pandemi siswa SD Negeri Rejosari 1 Karangawen Kabupaten Demak. (2) Untuk mengetahui Penguatan nilai nilai Pendidikan Karakter pada masa pandemi Covid 19 di SD Negeri Rejosari 1 Karangawen Kabupaten Demak. (3) Untuk mengetahui pelaksanaan Pembelajaran di rumah SD Negeri Rejosari 1 Karangawen Kabupaten Demak. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Rejosari 1 Karangawen. Tehnik pengumpulan data penelitian meliputi (1) wawancara mendalam dengan siswa; guru dan orang tua serta yang terlibat dalam pembelajaran di rumah. (2) obsevasi secara langsung maupun tidak langsung; (3) dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, verifikasi dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: ada empat pola yang digunakan dalam pelaksanaan pendidikan karakter yaitu melalui materi pembelajaran, aturan-aturan sekolah, peghargaan siswa berprestasi dan praktik ibadah harian dan bimbingan kerohanian. Penguatan nilai-nilai karakter di SD Negeri Rejosari 1 Karangawen Demak melalui tiga tahap yaitu, tahap transformasi nilai, tahap transaksi nilai dan tahap trans-internalisasi nilai. Adapun Penguatan nilai karakter yang terintegrasi pada pembelajaran di SD Negeri Rejosari 1 Karangawen Demak meliputi: religius, disiplin, tekun, rasa ingin tahu, peduli, serta tanggung jawab, dengan pelaksanaan pembelajaran di rumah melalui grup whatsapp dan pendampingan belajar.