Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya pandemi covid 19 terhadap proses belajar siswa terutama dalam Penguatan pendidikan karakter di SD Negeri Rejosari 1 Karangawen Kabupaten Demak Propinsi Jawa Tengah. Tujuannya ialah: (1) Untuk mendeskripsikan pola Pendidikan Karakter di rumah pada masa pandemi siswa SD Negeri Rejosari 1 Karangawen Kabupaten Demak. (2) Untuk mengetahui Penguatan nilai nilai Pendidikan Karakter pada masa pandemi Covid 19 di SD Negeri Rejosari 1 Karangawen Kabupaten Demak. (3) Untuk mengetahui pelaksanaan Pembelajaran di rumah SD Negeri Rejosari 1 Karangawen Kabupaten Demak. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Rejosari 1 Karangawen. Tehnik pengumpulan data penelitian meliputi (1) wawancara mendalam dengan siswa; guru dan orang tua serta yang terlibat dalam pembelajaran di rumah. (2) obsevasi secara langsung maupun tidak langsung; (3) dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, verifikasi dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: ada empat pola yang digunakan dalam pelaksanaan pendidikan karakter yaitu melalui materi pembelajaran, aturan-aturan sekolah, peghargaan siswa berprestasi dan praktik ibadah harian dan bimbingan kerohanian. Penguatan nilai-nilai karakter di SD Negeri Rejosari 1 Karangawen Demak melalui tiga tahap yaitu, tahap transformasi nilai, tahap transaksi nilai dan tahap trans-internalisasi nilai. Adapun Penguatan nilai karakter yang terintegrasi pada pembelajaran di SD Negeri Rejosari 1 Karangawen Demak meliputi: religius, disiplin, tekun, rasa ingin tahu, peduli, serta tanggung jawab, dengan pelaksanaan pembelajaran di rumah melalui grup whatsapp dan pendampingan belajar.