Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV di Kecamatan Bonang Kabupaten Demak. Hasil belajar yang rendah diduga dipengaruhi oleh faktor peran orang tua, motivasi belajar siswa dan penggunaan gadget. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) pengaruh peran orang tua terhadap hasil belajar siswa, 2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa, 3) pengaruh penggunaan gadget terhadap hasil belajar siswa, 4) pengaruh peran orang tua, motivasi belajar, dan penggunaan gadget terhadap hasil belajar siswa kelas 4 Sekolah Dasar di Kecamatan Bonang Demak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian expost facto. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dengan jumlah populasi 859 siswa dan sampel 141 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, wawancara, dan tes. Uji instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Dengan analisis data Uji Normalitas, Uji Linieritas, dan Uji Hipotesis dengan Uji regresi, Uji F, Uji T dan koefisien determinasi. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Ada pengaruh yang signifikan peran orang tua terhadap hasil belajar siswa sebesar 70,9% dengan nilai korelasi sebesar 0,843. (2) Ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa sebesar 23,5% dengan nilai korelasi sebesar 0,491. (3) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan gadget terhadap hasil belajar siswa sebesar 34% dengan nilai korelasi sebesar 0,587(4) Ada pengaruh yang signifikan peran orang tua, motivasi belajar siswa dan penggunaan gadget secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa sebesar 75,5% dengan nilai korelasi sebesar 0, 861 dan peningkatkan hasil belajar siswa dengan uji t hitung atau 23.324 > t tabel 1,9971. Saran dari peneliti agar meningkatkan peran orang tua semaksimal mungkin untuk dapat membimbing dan mengarahkan akan untuk lebih berprestasi dalam pendidikan mereka. Meningkatkan ketertarikan siswa terhadap pendidikan dengan memberikan nuansa belajar yang nyaman, menarik dan menyenangkan agar hasil belajar siswa meningkat.