Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berfikir kreatif matematis siswa, sehingga dilakukan penelitian dengan menggunakan media Geoboard pada materi keliling dan luas bangun datar. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu mengkaji rata-rata kemampuan berfikir kreatif matematis siswa yang menerima pembelajaran dengan model Treffinger berbantuan media Geoboard dibandingkan dengan siswa yang menerima pembelajaran dengan model ekspositori, mengkaji perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas IV sebelum dan sesudah diterapkannya model Treffinger berbantuan media Geoboard, dan mengkaji kemampuan berfikir kreatif siswa yang menerima pembelajaran dengan model Treffinger berbantuan media Geoboard dalam mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian Quasi Eksperimental dengan desain pre-test post-test control group design ini dilaksanakan di Kelas IV SDIT Umar Bin Khattab Kudus tahun pelajaran 2019/2020. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IVB sebagai kelas kontrol. Variabel bebas penelitian ini adalah model Treffinger berbantuan media Geoboard, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan berfikir kreatif matematis siswa. Teknik pengumpulan data meliputi tes dan nontes. Instrumen yang digunakan yaitu tes tertulis berupa uraian untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Analisis data menggunakan independent samples t-tes, paired sample t-test, dan uji ketuntasan belajar dengan one sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan (1) Rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Treffinger berbantuan media Geoboard lebih baik daripada kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran ekspositori. (2) Terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas IV sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran Treffinger berbantuan media Geoboard sebesar 10%. (3) Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang mengikuti pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Treffinger berbantuan media Geoboard dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70. Saran dalam penelitian ini adalah pembelajaran model Treffinger perlu dikembangkan dan diterapkan pada materi yang lain agar siswa mempunyai pengetahuan untuk menghubungkan materi yang dipelajari dengan kehidupan sehari-hari siswa.