Pengaruh model pembelajaran snowball throwing Dan problem based learning terhadap Hasil belajar ips pada siswa kelas iv Gugus sunan ampel demak
Main Author: | Kurniawati, Wahyuni |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/14931/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/14931/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/14931/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/14931/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/14931/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/14931/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/14931/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/14931/ |
Daftar Isi:
- Kurniawati, Wahyuni (2020) . Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing dan Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar IPS di Kelas IV Sekolah Dasar. Program studi Magister Pendidikan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus. Rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada pembelajaran IPS disebabkan dalam mengajar guru belum menggunakan model pembelajaran yang inovatif dan metode yang variatif. Dalam meningkatkan hasil belajar IPS dapat dilakukan dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) dan Snowball Throwing yang dipandang cocok untuk meningkatkan hasilbelajar. Penelitian ini bertujuan untuk 1)mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar IPS di Kelas IV Sekolah Dasar 2)mengetahuiseberapa besar pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPS di Kelas IV Sekolah Dasar 3) adakah perbedaan pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing dan Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPS di Kelas IV Sekolah Dasar Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitian ini menggunakan quasiexperiment design dengan desain nonequivalent control group design. Kelompok eksperimen 1 menggunakan model pembelajaran snowball throwing , kelompok eksperimen 2 menggunakan model pembelajaran problem based learning dan Instrumen penelitian menggunakan observasi, dan soal pre-test maupunpost-test.Analisis data yang digunakan adalah uji validitas,uji reabilitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata,uji pembeda, perhitungan Indeks Gain. Hasil penelitian 1) terdapat pengaruh model pembelajaran snowball throwing terhadap peningkatan hasil belajar IPS di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Katonsari 2 Demak, hal ini berdasarkan diperoleh nilai Sig. (2-tailed) diperoleh 0.000 < 0.05, atau t-hitung 10.660 > t-tabel 1.69236. 2) terdapat pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPS di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Katonsari 1 Demak, hal ini berdasarkan diperoleh nilai Sig. (2-tailed) diperoleh 0.000 < 0.05, atau t-hitung 9.603> t-tabel 1.68957. 3) terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran Snowball throwing dan problem based learning terhadap hasil belajar IPS di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Katonsari 2 dan Sedolah Dasar Negeri Katonsari 1 Demak. Hal ini berdasarkan nilai means hasil posttest eksperimen 1 sebesar 74.93 dan posttest eksperimen 2 sebesar 71.94. Kesimpulan hasil penelitian adalah pembelajaran model snowball throwing lebih baik dari pada pembelajaran model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS. Saran sebaiknya setiap pendidik dalam memberikan pembelajaran kepada siswa menggunakan model pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan sehingga hasil belajar siswa meningkat.