Daftar Isi:
  • Selama pandemi Covid-19 orangtua memiliki peranan ganda dalam mendidikan dan mendampingi anak belajar. Kurangnya pemahaman orangtua dalam mendampingi anak belajar menyebabkan orangtua kurang memperhatikan anak selama pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran orang tua dalam mendampingi anak pada pembelajaran daring selama pandemi covid-19 serta faktor pendukung dan penghambat yang ditemui orang tua dalam mendampingi anak pada pembelajaran daring selama pandemi covid-19. Pembelajaran daring merupakan suatu jenis belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannya informasi bahan ajar ke siswa dengan menggunakan media internet atau media jaringan komputer lain. Peran orang tua adalah perilaku orang tua yang bertanggung jawab terhadap hak dan kewajiban sebagai ayah dan ibu dalam sebuah keluarga. Peran orangtua dalam pembelajaran meliputi; orangtua sebagai pengasuh dan pendidik, pembimbing, motivator, fasilitator. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Temulus Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus dengan informan sebanyak 5 orangtua dan 5 anak yang bersekolah di SD 1 Temulus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan pada saat orangtua mendampingi anak belajar daring. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dengan triangulasi metode sebagai uji validitas. Tahapan dalam analisis data adalah reduksi, penyajian data dan penarrikan kesimpulan. Hasil dari penelitian didapatkan peran rang tua dalam pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 yaitu a.) peran orang tua sebagai pengasuh dan pendidik; b) peran orang tua sebagai pembimbing c) peran orang tua sebagai motivator; d) peran orang tua sebagai fasilitator. Dalam penelitian ini ditemukan faktor yang mempengaruhi peran orangtua. Faktor yang menghambat meliputi : a) jenis pekerjaan orang tua; b) minat belajar anak; c) orang tua kesulitan dalam mengoperasikan smartphone, d) orang tua kurang memahami materi pelajaran, sedangkan faktor yang mendukung peran orang tua dalam pembelajarn daring adalah sebagai berikut : a) fasilitas berupa smartphone dan jaringan internet; b) motivasi belajar; c) relasi antar anggota keluarga. Oleh karena itu hendaknya orangtua menyediakan waktu untuk mendampingi anak belajar sehingga orangtua dapat membimbing dan menjadi motivator bagi anak selama pembelajaran daring.