Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi belajar anak sekolah dasar di Desa Gemiring Lor selama penerapan e-learning. Manfaat penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar anak sekolah dasar di Desa Gemiring Lor selama penerapan e-learning dimasa pandemi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, informan yang menjadi sumber data utama adalah siswa sekolah dasar dan guru sekolah dasar di Desa Gemiring Lor, Kecamatan Nalumsari, Kabupaten Jepara. Data diperoleh melalui proses observasi, wawancara, dokumentasi dan pencatatan. Uji validitas menggunakan teknik triangulasi sumber serta menggunakan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi data. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa adanya perbedaan motivasi antara anak satu dengan anak lainnya, tinggi rendahnya motivasi yang dimiliki anak dipengaruhi oleh lingkungan seperti orang tua, keluarga dan teman sepermainan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di Desa Gemiring Lor memiliki peran strategis dalammemotivasi anak selama penerapan e-learning. Saran dalam penelitian ini adalah perlu adanya sinergi dari berbagi pihak yang terlibat agar dapat memotivasi anak dalam penerapan e-learning, perlu adanya strategi-strategi khusus dari satuan pendidikan, guru, orang tua dan lingkungan anak agar motivasi anak dalam belajar dapat stabil serta meningkat.