Pengaruh penggunaan internet di masa pandemic covid-19 terhadap pelaksanaan tugas, prestasi dan kinerja guru sekolah dasar Di kecamatan wonosalam Kabupaten demak

Main Author: Nasir, Ahmad
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://eprints.umk.ac.id/14542/1/JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14542/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14542/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14542/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14542/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14542/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14542/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14542/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penggunaan internet di masa pandemic Covid-19 terhadap pelaksanaan tugas, prestasi, dan kinerja guru Sekolah Dasar di Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah ex post facto. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dengan two stage cluster sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistic deskriptif. Data penelitian diperoleh dari angket (angket). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Secara umum dapat digambarkan bahwasanya sebagian besar responden tergolong familiar dan sudah terbiasa menggunakan fasilitas teknologi informasi, 2) Variasi keragaman perilaku internet tersebut berhubungan dengan persepsi dan pemahaman tentang manfaat internet yang mungkin berbeda-beda antar individu, 3) Tingkat pelaksanaan tugas oleh Guru laki laki lebih tinggi daripada perempuan, 4) Peran internet terhadap peraihan prestasi Guru Sekolah Dasar Laki-laki lebih rendah daripada Perempuan, 5) Penggunaan internet Guru Sekolah Dasar Laki-laki memiliki pengaruh yang lebih tinggi dibandingkan dengan responden Perempuan. Implikasi penelitian ini dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan peran internet dalam peningkatan pelaksanaan tugas, peraihan prestasi dan kinerja Guru adalah : 1. Maksimalisasi aksesibilitas jaringan yang berkualitas, 2. peningkatan sarana parasarana IT, 3. menggunakan aplikasi yang ramah guna dan easy to apply (applicable) 4. memberikan sosialisasi terhadap penggunaan aplikasi dalam pelaksanaan kerja sebagai Guru.