Pengaruh model pembelajaran project based learning dan kuis interaktif berbasis whatsapp Terhadap hasil belajar ipa siswa sd kelas vi Kecamatan sayung
Main Author: | ROKHAYATI, ATUN |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/14506/1/HAL%20JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/14506/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/14506/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/14506/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/14506/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/14506/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/14506/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/14506/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/14506/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk menganalisis pengaruh model Project Based Learning terhadap hasil belajar IPA, 2) untuk menganalisis pengaruh pembelajaran kuis interaktif berbasis Whatsapp terhadap hasil belajar IPA, dan 3) untuk menemukan perbedaan pengaruh model Project Based Learning (PjBL) dan pembelajaran kuis interaktif berbasis whatapp secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPA siswa SD Kelas VI Kecamatan Sayung. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Bentuk desain eksperimen ini yaitu Nonequivalent Kontrol Group Design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalahtes.Analisis data meliputi deskripsi data, uji prasyarat analisis, uji N-gain dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukan Simpulan Penelitian ini adalah (1). terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran project based learningterhadap hasil belajar siswa dalam materi perkembangbiakan tumbuhan pada siswa di sekolah dasar. Hal ini dibuktikan dengan t hitung > t tabel ( 19,986 > 0,05). Nilai Sig (2-tailed) sebesaar 00< 0,05. maka Ho ditolak dan Ha diterima (2) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kuis interaktifterhadap hasil belajar siswa dalam materi perkembangbiakan tumbuhan pada siswa di sekolah dasar. Hal ini dibuktikan nilai t hitung > t tabel (19.986 > 2,086). sedangkan nilai signifikasi (2-tailed) sebesar 00< 0,05. maka Ho ditolak dan Ha diterima. (3) model pembelajaran project based learning lebih efektif dibandingkan dengan penggunaan model kuis interaktifterhadap hasil belajar siswa dalam materi perkembangbiakan tumbuhan pada siswa di sekolah dasar. Hal ini dibuktikan nilai t hitung > t tabel (2.550 > 2,086) Nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,129 maka Nilai Sig. (2-tailed) 0,129 < 0,05. maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis deskriptif, uji t untukinstrumen test hasilnya yaitu ada terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran project based learning dan kuis interaktif terhadap hasil belajar dalam materi perkembangbiakan tumbuhan pada siswa di sekolah dasar.Pengaruh model pembelajaran project based learning dan kuis interaktif terhadap hasil belajar dalam materi perkembangbiakan tumbuhan pada siswa di sekolah dasar terbukti. sehingga model pembelajajran project based learning lebih efektif dari model pembejaran kuis interaktif terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam materi perkembangbiakan tumbuhan pada siswa di sekolah dasar.